Penggunaan Media Komunikasi Berbasis Teknologi Informasi Dalam Pelaksanaan Pembangunan Masyarakat Desa : Studi pada Pembangunan Telecenter di Desa Kertosari, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang.

CitraFitriani (2011) Penggunaan Media Komunikasi Berbasis Teknologi Informasi Dalam Pelaksanaan Pembangunan Masyarakat Desa : Studi pada Pembangunan Telecenter di Desa Kertosari, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena peneliti ingin mengetahui sejauh mana maanfaat dari telecenter semeru dalam membantu masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan. Misi dari telecenter adalah mengentaskan kemiskinan melalui kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Bagaimana penggunaan dan pemanfaatan informasi melalui telecenter semeru dilihat dari layanan pendidikan, layanan informasi serta layanan pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui potensi telecenter bagi masyarakat Desa Kertosari dalam pelaksanaan pembangunan masyarakat Desa dilihat dari pemahaman dan respon masyarakat tentang telecenter serta kemajuan pembanguna apa saja yang telah dicapai selama 4 tahun terakhir sejak keberadaan telecenter. Selain itu penelitian ini juga bermaksud mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembangunan melalui telecenter dilihat dari unsur yang terlibat dalam proses pembangunan mulai pengelola telecenter, masyarakat, sektor swasta dan unsur pemerintah daerah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan dan pemanfaatan informasi dari telecenter semeru sudah cukup baik. Masyarakat bisa menggunakan dan memanfaatkan dengan baik layanan pendidikan yang diberikan, layanan informasi yang disajikan serta mendapatkan layanan pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah dengan baik untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Potensi dari telecenter bagi pelaksanaan pembangunan masyarakat Desa Kertosari cukup baik dilihat dari pemahaman dan respon masyarakat mengenai keberadaan telecenter. Meskipun awalnya masyarakat merasa canggung dan asing tentang teknologi informasi dan komunikasi pada akhirnya masyarakat bisa menggunakan telecenter dengan baik serta memperoleh manfaat. Kemajuan pembangunan melalui keberadaan telecenter juga dirasakan masyarakat dari berbagai bidang yaitu Bidang Ekonomi di tunjukkan dari peningkatan perekonomian warga, Pendidikan dan Teknologi ditandai dengan makin meningkat pengetahuan masyarakat tentang teknologi dan informasi serta Bidang sosial budaya ditandai dengan perubahan pola kehidupan ke arah modern dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk malakukan promosi dan transaksi. Faktor yang menjadi kendala yaitu kurangnya kerjasama dari pihak yang seharusnya terlibat dalam pelaksanaan pembangunan yaitu dari sektor swasta dan unsur pemerintah daerah. Sedangkan faktor yang mendukung yaitu pengelola telecenter dan masyarakat yang bersifat terbuka dan mau belajar serta mengikuti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/53/ 051100668
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Mar 2011 10:03
Last Modified: 17 Mar 2011 10:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115142
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item