Profesionalisme Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik ( Studi Pada Unit Gawat Darurat Di Rsud Kanjuruhan Kepanjen)

Aditya,Ilham (2011) Profesionalisme Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik ( Studi Pada Unit Gawat Darurat Di Rsud Kanjuruhan Kepanjen). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana profesionalisme pegawai dalam meningkatkan pelayanan publik. Adanya tuntutan pelayanan publik sebagai tanda ketidakpuasan masyarakat sehari-hari terutama pelayanan yang diberikan oleh pemerintah dalam hal ini Unit gawat darurat kepada masyarakat terus mengalami pembaruan, baik dari sisi paradigma maupun format pelayanan. Untuk itu diperlukan pegawai unit gawat darurat yang profesional dalam melaksanakan tugas. Sehingga pelayanan yang diberikan bisa baik, berkualitas, prosedur yang mudah dan transparan sesuai dengan harapan masyarakat. Bagaimana profesionalisme aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan publik serta bagaimana kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh aparatur pemerintah di Unit Gawat Darurat RSUD Kanjuruhan Kepanjen. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis profesionalisme kinerja pegawai di RSUD Kanjuruhan Kepanjen dalam peningkatan pelayanan publik, (2) Untuk mengetahui bagaimana Unit Gawat Darurat RSUD Kanjuruhan Kepanjen menigkatkan kualitas pelayanan publik, (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat profesionalisme pegawai UGD di Kanjuruhan Kepanjen dalam peningkatan pelayanan publik. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu dengan data primer melalui wawancara dan data sekunder melalaui laporan atau arsip di unit gawat darurat. Ada juga metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi langsung dan dokumentasi lapangan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena penelitian ini mengungkapkan apa yang terjadi sebenarnya di lapangan. Yang menjadi fokus penelitian adalah (1) Profesionalisme Pelayanan Unit Gawat Darurat RSUD Kanjuruhan Kepanjen, meliputi (a) Kecepatan Penanganan, (b) Kompetensi dan Kemampuan, (c) Aspek Etika; (2) Perwujudan peningkatan kualitas pelayanan publik dapat diukur dai indikator, meliputi (a) Tangible, (b) Responsiviness, (c) Asurance, (d) Emphaty; (3) Faktor pendukung dan penghambat profesionalisme pelayanan Unit Gawat Darurat di RSUD Kanjuruhan Kepanjen. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa (1) aparatur pemerintah dalam hal ini pegawai Unit Gawat Darurat RSUD Kanjuruhan Kepanjen dalam memberikan pelayanan publik menunjukkan profil profesionalisme aparatur pemerintah. Pegawai Unit Gawat Darurat dalam menjalankan tugasnya memiliki ketepatan atau keakurasian serta kecepatan sehingga pelayanan yang diberikan tepat sasaran dan diselesaikan dalam waktu cepat. Penguasaan ilmu dan teknologi juga cukup baik karena sering diikutkan pelatihan, sehingga dapat selalu menggunakan perkembangan teknologi karena iv menguasai ilmu untuk menggunakan kecanggihan teknologi yang ada. (2) Kualitas pelayanan publik di Unit Gawat Darurat RSUD Kanjuruhan Kepanjen sudah baik, hal ini didukung kualitas SDM Unit Gawat Darurat, kondisi sarana dan prasarana Unit Gawat Darurat yang memadai, dan proses pelayanan yang baik. Masyarakat yang meminta pelayanan kesehatan di Unit Gawat Darurat merasa puas atas pelayanan kesehatan yang telah diperolehnya dan tanggapan pasien atau masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di Unit Gawat Darurat rata-rata baik, hampir semua indikator yang meliputi persepsi transparansi pelayanan, sikap petugas, pemenuhan standar pelayanan, konteks pelayanan, keterjangkauan fasilitas, dan keluhan pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/495/051200634
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 May 2012 08:53
Last Modified: 22 Oct 2021 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115121
[thumbnail of 051200634.pdf]
Preview
Text
051200634.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item