Upaya Peningkatan Profesionalisme Pelayanan Publik Aparatur Pemerintah (Studi Pada Kantor Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi )

WahyuHarismawan (2011) Upaya Peningkatan Profesionalisme Pelayanan Publik Aparatur Pemerintah (Studi Pada Kantor Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan secara benar ( good governance ) dan bersih ( clean governance ) termasuk di dalamnya penyelenggaraan pelayanan publik memerlukan unsur-unsur mendasar antara lain adalah unsur profesionalisme dari pelaku dan penyelenggara pemerintahan dan pelayanan publik. Tujuannya dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profesionalisme pelayanan publik di kantor kecamatan Kabat kabupaten Banyuwangi dan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi peningkatan profesionalisme aparaturnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti berusaha memberikan gambaran secara tepat dan jelas mengenai keadaan, situasi, kondisi atau pelaksanaan pengembangan pelayanan publik yang prima. Lokasi dan situs penelitian diadakan di Kabupaten banyuwangi pada Kantor Kecamatan Kabat. Dengan metoda pengumpulan data yaitu interview, pengamatan maupun observasi langsung terhadap situs penelitian. Profesionalisme pelayanan publik di kantor kecamatan Kabat kabupaten Banyuwangi adalah meliputi tanggungjawab pegawai, disiplin pegawai, komitmen terhadap prosedur, sikap aparatur terhadap pelayanan publik. Secara umum dari keempat aspek tersebut, pemberian pelayanan publik pada kantor kecamatan Kabat dapat dikatakan cukup baik . Hasil penelitian menunjukan bahwa pihak sevice provider (penyedia layanan) dalam aspek tanggungjawab pegawai dari data yang diperoleh, keluhan-keluhan yang dirasakan oleh masyarakat telah mendapatkan tindak lanjut. Kemudian aspek disiplin pegawai peneliti menemukan masing sering adanya pegawai yang datang terlambat, serta tidak dijumpai ditempatnya pada jam-jam kerja, ataupun pulang sebelumjam kerja selesai. Untuk aspek komitmen terhadap prosedur pelayanan publik, sudah tersedia prosedur yang sudah jelas yang sudah ditetapkan oleh pemerintah kecamatan Kabat. Diantaranya adalah prosedur pembuatan akta kelahiran, prosedur pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan prosedur pembuatan KK (Kartu Keluarga). Selanjutnya pada aspek sikap aparatur terhadap pelayanan publik, para pegawai kantor kecamatan Kabat sudah dibekali dengan pelatihan mengenai keramahan sikap ketika melakukan tugas. Pembinaan konseling pegawai dan pemberian reward merupakan solusi untuk memperlancar upaya peningkatan profesionalisme pelayanan publik. Penilaian kepada pegawai dapat dilakukan bagi pegawai yang berprestasi baik diberikan suatu penghargaan tersendiri berupa penambahan intensif gaji sehingga dapat memacu motivasi pegawai untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/49/ 051100664
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Mar 2011 11:13
Last Modified: 18 Mar 2011 11:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115114
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item