Peran Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Rangka Pengembangan Masyarakat (Community Development) (Studi Pada Pusat Pelatihan Kewirausahaan (Ppk) Sampoerna Desa Gunting Kecamatan Sukorejo K

Magfiroh,Ratna (2011) Peran Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Rangka Pengembangan Masyarakat (Community Development) (Studi Pada Pusat Pelatihan Kewirausahaan (Ppk) Sampoerna Desa Gunting Kecamatan Sukorejo K. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena meningkatnya kesadaran dan munculnya berbagai tuntutan masyarakat terhadap perusahaan yang mengelola sumber daya alam dan lingkungan yang menyebabkan perusahaan di Indonesia melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program pengembangan masyarakat ( community development ) sebagaimana diatur dalam UU No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas dan UU No. 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal. Selain itu, pelaksanaan CSR oleh perusahaan telah menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk meningkatkan legitimasi dari masyarakat serta menjadi alat untuk meningkatkan reputasi perusahaan dengan menerapkan konsep triple bottom lines . Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran CSR dalam rangka pengembangan masyarakat ( community development ) pada Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna dalam meningkatkan kemandirian masyarakat lokal pada masyarakat ring I serta mendeskripsikan dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi kinerja PPK Sampoerna dalam usahanya melakukan pelatihan dan pembinaan pada masyarakat ring I. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif Miles dan Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran CSR dalam rangka pengembangan masyarakat pada PPK Sampoerna yaitu untuk memotivasi masyarakat memiliki jiwa kewirausahaan sehingga usaha yang dijalankan memiliki keunggulan yang kompetitif, dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan serta mengidentifikasi potensi usaha wirausaha baru; (2) Faktor pendukung yang mempengaruhi kinerja PPK Sampoerna dalam usahanya melakukan pelatihan dan pembinaan kepada masyarakat ring I yaitu ketepatan pemberian dana dari PPK Sampoerna kepada masyarakat ring I dan keterampilan awal dalam berwirausaha yang telah dimiliki oleh masyarakat ring I, sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak tersedianya fasilitas transportasi dan pengelolaan modal. Rekomendasi: Perlu peningkatan sosialisasi yang terus menerus kepada masyarakat, mengikutsertakan mitra binaan ke dalam pameran, penambahan sarana transportasi, membeli hasil produksi pengusaha kecil dan menengah lokal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/485/051200471
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jun 2012 13:12
Last Modified: 22 Oct 2021 02:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115109
[thumbnail of 051200471.pdf]
Preview
Text
051200471.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item