Pemberdayaan Industri Kecil Kerajinan Kayu Di Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar ( Studi Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Blitar )

Indrawan,RayndraAdi (2011) Pemberdayaan Industri Kecil Kerajinan Kayu Di Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar ( Studi Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Blitar ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sasaran dan pembinaan industri kecil adalah meningkatnya jumlah industri kecil dan terwujudnya usaha yang semakin tangguh dan mandiri serta meningkatnya daya saing pengusaha nasional di pasar dunia. Menghadapi persaingan yang semakin ketat, karena semakin terbukanya pasar di dalam negeri merupakan ancaman bagi industri kecil. Dengan semakin banyaknya barang dan jasa yang masuk dari luar akibat dampak dari globalisasi. Melihat adanya potensi yang besar dalam sektor industri kecil, sehingga dalam hal ini peneliti lebih tertarik pada pemberdayaan industri kecil di kelurahan Tanggung kecamatan Kepanjenkidul kota Blitar. Dikarenakan didaerah tersebut memiliki potensi yang sangat baik yaitu kerajinan kayu. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu bagaimanakah upaya pemerintah kota Blitar dalam memberdayakan industri kecil kerajinan kayu di kelurahan tanggung kecamatan kepanjenkidul, serta faktor-faktor apa sajakah yang menghambat dan menunjangnya. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi dikota Blitar. Sumber data primernya diperoleh dari wawancara dari berbagai informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tema t ersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri. Penelitian ini difokuskan pada pada 2 (dua) hal yaitu: upaya yang dilakukan pemerintah daerah kota Blitar dalam memberdayakan sektor industri kecil yang menyangkut unsur peningkatan kualitas SDM dan Pemasaran, (2) Faktor penghambat dan pendukung pemberdayaan industri kerajinan kayu, meliputi factor pendukung yaitu adanya sumber daya manusia yang memadai, tersedianya data yag akurat, adanya struktur organisasi yang terintegrasi, dan faktor penghambat yaitu kurangnya aksesbilitas informasi, dukungan dana kurang memadai, kurangnya dukungan dari masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ini pemberdayaan industri kecil kerajinan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/477/051200238
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jun 2012 14:27
Last Modified: 22 Oct 2021 02:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115101
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item