Audit Komunikasi Pembangunan Desa (Studi Tentang Audit Komunikasi Pada Proses komunikasi Kepala Desa Dengan Masyarakat Dalam Pembangunan Desa di Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malan

Amien, MuhammadNashihul (2011) Audit Komunikasi Pembangunan Desa (Studi Tentang Audit Komunikasi Pada Proses komunikasi Kepala Desa Dengan Masyarakat Dalam Pembangunan Desa di Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kompleksnya masalah pembangunan desa menuntut kesungguhan dari pemerintah desa untuk selalu berusaha memberikan hasil yang bermanfaat. Proses komunikasi dalam pembangunan memungkinkan pemerintah desa unutuk melaksanakan pembangunan desa. Informasi mengenai pembangunan harus dikomunikasikan oleh kepala desa kepada perangkat desa, LPMD dan masyarakat sehingga dalam pelaksanaan pembangunan mempunyai dasar perencanaan yang matang. Setiap tahun Desa Tegalgondo selalu melakukan pembangunan desa. Pembangunan desa yang dilakukan tidak terlepas hanya dengan pembangunan fisik tetapi juga mencakup pembangunan ekonomi dan sosial kemasyarakan. Kajian analisis komunikasi yang mendalam dan menyeluruh tentang pelaksanaan proses komunikasi dalam pembangunan desa, khususnya antara kepala desa dengan masyarakat merupakan suatu proses yang bergerak timbal balik. Disatu sisi, komunikasi dalam pembangunan akan menunjukkan berbagai kegiatan yang yang harus dijalankan oleh suatu desa dan ini selanjutnya menjadi tugas yang harus dipikul oleh pemerintah desa dalam usaha menciptakan pembangunan nasional. Tetapi disisi lain, pemerintah desa dapat pula menerima amanat dari pemerintah diatasnya tentang proyek-proyek yang sebaiknya dilakukan di desa tesebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis komunikasi yang terjadi antara Kepala Desa dengan masyarakat untuk menyingkap kemacetan-kemacetan informasi, hambatan-hambatan terhadap komunikasi yang efektif dalam proses pembangunan, peluang-peluang yang perlu untuk dilaksanakan sudah dikoordinasikan dengan pihak-pihak berkepentingan yang lain Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Komunikasi Kepala Desa dengan Masyarakat dalam Pembangunan yang terjadi di Desa Tegalgondo dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Bentuk komunikasi langsung berupa rapat, ceramah, dan pertemuan. Sedangkan Proses Komunikasi dalam pembangunan yang sifatnya tidak langsung dengan menggunakan media surat dan laporan pertanggungjawaban. Proses komunikasi pada pembangunan desa dibedakan menjadi tiga tahapan yakni :Komunikasi pada Perencanaan Pembangunan, Komunikasi pada Pelaksanaan Pembangunan, Komunikasi pada Pengawasan Pembangunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/463/051105152
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Dec 2011 09:29
Last Modified: 21 Oct 2021 18:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115087
[thumbnail of 051105152.pdf]
Preview
Text
051105152.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item