Analisis Sistem Pengendalian Intern dalam Pemberian Kredit Serbaguna Mikro (KSM) Kepemilikan Kendaraan Bermotor Roda Dua (Studi pada Micro Business Unit (MBU) PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang S

Junior, EndricoMarco (2011) Analisis Sistem Pengendalian Intern dalam Pemberian Kredit Serbaguna Mikro (KSM) Kepemilikan Kendaraan Bermotor Roda Dua (Studi pada Micro Business Unit (MBU) PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang S. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penilitian ini dilakukan karena melihat makin banyaknya kredit konsumtif yang diajukan masyarakat untuk membeli kendaraan bermotor roda dua. Pertambahan permintaan jumlah kredit ini membuat bank sebagai penyedia dana harus sangat berhati-hati dalam menyalurkan kredit. Pelaksanaan pengendalian intern kredit yang baik mutlak dilakukan pihak bank. Micro Busines Unit PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Surabaya – Basuki Rahmat yang salah satu produknya adalah Kredit Serbaguna Mikro (KSM) kepemilikan kendaraan bermotor roda dua juga tidak terhindar dari kredit macet yang bisa diakibatkan karena kelemahan sistem dan/ atau pelaksanaan pengendalian intern yang belum maksimal. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana sistem pemberian Kredit Serbaguna Mikro (KSM) kepemilikan kendaraan bermotor roda dua, mulai dari prosedur permohonan sampai pada pencairan kredit. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sistem pengendalian intern yang diterapkan oleh Micro Busines Unit PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Surabaya – Basuki Rahmat, dilihat dari unsur-unsur dan aspek-aspek pengendalian intern kredit yang baik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data didapat dari wawancara beberapa bagian yang terlibat dalam proses kredit dan dokumen-dokumen, catatan, serta peraturan kredit yang berlaku dalam sistem pemberian Kredit Serbaguna Mikro (KSM) kepemilikan kendaraan bermotor roda. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dan disajikan kembali beserta temuan yang diperoleh pada saat penelitian. Masih kurang efektifnya prosedur yang diterapkan serta belum adanya flowchart khusus untuk menggambarkan prosedur dari sistem pemberian Kredit Serbaguna Mikro (KSM) kepemilikan kendaraan bermotor roda dua. Unsur-unsur pengendalian intern juga masih belum terlaksana dengan baik, terlihat dari belum adanya pendelegasian tugas yang tepat, kelemahan dalam pembuatan formulir, dan juga pengawasan terhadap pelaku kredit pihak intern bank, yang bisa berakibat terjadinya Non Performing Loan (NPL). Temuan lagi juga berupa kelemahan dalam melakukan pemeliharaan dokumen debitur dan masih terjadinya kredit macet. Beberapa perbaikan masih dibutuhkan, salah satunya membuat flowchart khusus untuk sistem pemberian Kredit Serbaguna Mikro (KSM) kepemilikan kendaraan bermotor roda dua. Sistem pengendalian intern harus lebih dioptimalkan, terutama dalam pengawasan kredit baik terhadap pelaksanaan proses kredit pihak intern bank. Pencegahan kredit macet sebaiknya dengan melakukan payroll untuk setiap produk kredit Micro Business Unit (MBU).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/462/051105151
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Dec 2011 11:36
Last Modified: 21 Oct 2021 18:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115086
[thumbnail of 051105151.pdf]
Preview
Text
051105151.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item