Pengaruh Pesan Iklan Televisi terhadap Ingatan dan Minat Beli, serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan Tahun 2009/2

Bimasa, Fitria (2011) Pengaruh Pesan Iklan Televisi terhadap Ingatan dan Minat Beli, serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan Tahun 2009/2. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesan iklan, ingatan dan minat beli baik pengaruh secara simultan, parsial maupun pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian produk Pond’s White Beauty oleh mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Diharapkan dari informasi yang diperoleh dapat dipergunakan oleh pihak perusahaan untuk lebih meningkatkan strategi periklanan agar dapat meningkatkan ingatan konsumen akan produk dan minat beli, sehingga dapat meningkatkan jumlah konsumen yang melakukan keputusan pembelian produk Pond’s White Beauty. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan Pond’s White Beauty dan pernah melihat iklannya, yang merupakan mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya tahun akademik 2009/2010.. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling (sampling assidental) dengan 116 responden. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil pengujian secara simultan Pengujian secara simultan ketiga hipotesis terbukti signifikan yaitu (1) pengaruh pesan iklan terhadap ingatan, 2) pengaruh pesan iklan dan ingatan terhadap minat beli, dan 3) pengaruh pesan iklan, ingatan, dan minat beli terhadap keputusan pembelian. Pengujian secara parsial (langsung) yaitu: 1) struktur pesan, format pesan, sumber pesan memiliki pengaruh signifikan terhadap ingatan, 2) isi pesan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, dan 3) minat beli berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini diketahui juga bahwa terdapat 8 pengaruh tidak langsung. Isi pesan mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Struktur pesan mempunyai dua pengaruh tidak langsung yaitu struktur pesan mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap minat beli melalui ingatan, serta struktur pesan mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui ingatan dan minat beli. Format pesan memiliki dua pengaruh tidak langsung yaitu format pesan mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap minat beli melalui ingatan, dan format pesan mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap keputsan pembelian melalui ingatan dan minat beli. Sumber pesan mempunyai dua pengaruh tidak langsung, yaitu sumber pesan mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap minat beli melalui ingatan, dan sumber pesan mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui ingatan danminat beli. Ingatan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui minat beli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/452/051104853
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Dec 2011 10:19
Last Modified: 21 Oct 2021 17:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115075
[thumbnail of 051104853.pdf]
Preview
Text
051104853.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item