Responsivitas Dan Akuntabilitas Aparatur Pemerintah Daerah Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat (Studi Pelayanan KK dan KTP Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil di Kabupaten Nganjuk)

Purwasakti, Andito (2011) Responsivitas Dan Akuntabilitas Aparatur Pemerintah Daerah Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat (Studi Pelayanan KK dan KTP Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil di Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persoalan rendahnya responsivitas dan akuntabilitas pemerintah daerah sebagai penyelenggara pelayanan khususnya layanan administrasi kependudukan seolah menjadi hal yang terabaikan didalam mewujudkan kualitas pelayanan yang baik (prima). Menyangkut hal tersebut tuntutan masyarakat luas terhadap terwujudnya Good Governance merupakan hal yang tak bisa dihindari sesuai dengan tuntutan reformasi agar terbentuk pemerintahan yang baik dan bersih melalui suatu mekanisme pertanggungjawaban tertentu. Menyangkut hal tersebut dalam penelitian ini sebagai perumusannya adalah bagaimanakah responsivitas dan akuntabilitas aparatur pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta bagaimana tingkat pelayanan publik pada pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nganjuk. Adapun tujuannya yaitu untuk menganalisis permasalahan yang terjadi dan mendeskripsikannya yang dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta unit-unit (instansi) yang terkait dengan pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Nganjuk sedangkan situsnya berada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil beserta instansi yang terkait dengan pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan. Sumber data primernya diperoleh dari wawancara dengan beberapa informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tema tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat bantu yaitu interview guide dan perangkat penunjang. Penelitian ini difokuskan pada 2 (dua) hal, yaitu: (1) Bagaimanakah responsivitas aparatur berdasarkan standar pelayanan publik, yang menyangkut unsur, Pelaksanaan standar pelayanan publik berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk memenuhi harapan pengguna layanan, Sikap dan perilaku aparatur dalam menyikapi keluhan pengguna layanan, Kondisi sarana dan prasarana (2) Bagaimanakah akuntabilitas aparatur untuk meningkatkan kualitas pelayanan, yang di dalamnya menguraikan Jenis layanan, Ketepatan waktu dalam pemberian layanan, Prosedur pelayanan, Biaya pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian ini Responsivitas dan Akuntabilitas Aparat Birokrasi dalam memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat belum berjalan secara optimal, terdapat beberapa aparat yang pada dasarnya menunjukkan kemalasan dalam memproses berkas-berkas yang masuk dari pengguna layanan, dan kualitas tower yang digunakan sebagai jaringan online antara Dispenduk Capil dengan masing-masing Kecamatan sering eror, itu menunjukkan bahwa kualitas tower tersebut buruk sehingga itu merupakan salah satu faktor penghambat pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/43/ 051100658
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 May 2011 10:21
Last Modified: 13 May 2011 10:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115054
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item