Penilaian Kinerja Keuangan Berdasarkan Analisis Rasio Keuangan : Studi Kasus Pada Perusahaan Bisnis Jasa Pariwisata PT. Selecta Batu.

Hapsari, MyrdaDwie (2011) Penilaian Kinerja Keuangan Berdasarkan Analisis Rasio Keuangan : Studi Kasus Pada Perusahaan Bisnis Jasa Pariwisata PT. Selecta Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rasio keuangan yang dihitung dan diinterpretasikan secara tepat akan dapat menunjukkan aspek-aspek mana yang perlu dievaluasi dan dianalisa lebih lanjut. Rasio keuangan yang dihitung dan informasi yang terdapat dalam laporan keuangan harus dikaitkan dengan tujuan utama yang hendak dicapai. Melalui penilaian dari analisa rasio keuangan maka pihak yang berkepentingan dapat memahami makna yang terkandung dalam laporan keuangan. Mereka yang mempunyai kepentingan terhadap perkembangan perusahaan, sangatlah perlu untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Kondisi keuangan suatu perusahaan dapat diketahui dari laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menjelaskan kinerja keuangan pada Perusahaan Bisnis Jasa Pariwisata PT. Selecta Batu dan menjelaskan rasio keuangan pada Perusahaan Bisnis Jasa Pariwisata PT. Selecta Batu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif, karena dengan menggunakan metode penelitian ini dapat menjelaskan dan memberikan gambaran tentang bagaimana analisis laporan keuangan sebagai dasar penilaian kinerja keuangan, pada PT. Selecta Batu, secara sistematis, aktual dan akurat. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa rasio likuiditas dapat diketahui bahwa kemampuan perusahaan dalam melunasi hutang lancar dengan aktiva lancarnya masih tergolong tinggi dan kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang lancar tanpa persediaan mengalami peningkatan. Hasil debt ratio pada tahun 2006 sampai 2009 menunjukkan bahwa jumlah modal pinjaman yang dilakukan oleh perusahaan kecenderungan mengalami penurunan sedangkan pada tahun 2009 jumlah hutang mengalami kenaikan. Perusahaan telah efektif menggunakan aktiva tetap yang dimiliki yaitu seperti tanah, gedung, mesin dan peralatan, kendaraan serta inventaris kantor dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan, hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah perputaran aktiva tetap untuk setiap tahunnya. Perputaran total aktiva yang terjadi pada perusahaan menunjukkan peningkatan untuk setiap tahunnya, hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan telah secara efektif menggunakan total aktiva dalam menghasilkan laba yang maksimal. Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan cenderung menunjukkan adanya peningakatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/429/051104445
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Dec 2011 15:25
Last Modified: 21 Oct 2021 16:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115053
[thumbnail of 051104445.pdf]
Preview
Text
051104445.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item