Pembangunan Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik pada Institusi Pemerintahan Daerah (Studi pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang),

Salaja, YanuarBanu (2011) Pembangunan Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik pada Institusi Pemerintahan Daerah (Studi pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia merupakan unsur terpenting. Dengan adanya era otonomi daerah, pengelolaan sumber daya manusia tidak lagi dilaksanakan secara sentralistik. Salah satu usaha organisasi dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yaitu dengan menjalankan program pembangunan kapasitas sumber daya manusia. Dengan pembangunan kapasitas sumber daya manusia, keahlian dan ketrampilan aparatur pemerintah pada tiap-tiap institusi dalam daerah dapat ditingkatkan sehingga outcome berupa pelayanan yang berkualitas dapat terwujud. Dalam penelitian ini beberapa permasalahan yang dibahas oleh penulis antara lain : Bagaimanakah pembangunan kapasitas sumber daya manusia pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang, Bagaimanakah kualitas pelayanan publik sebagai dampak dari pembangunan kapasitas pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang,serta Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi pembangunan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini dapat digambarkan bahwa pelaksanaan program pembangunan kapasitas sumber daya manusia pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang ini dilaksanakan melalui dua cara yang terdiri atas : pendidikan dan pelatihan serta pengaturan kondisi dan lingkungan kerja. Produk layanan yang dihasilkan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang memiliki payung hukum yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Badan Pelayanan Perijinan Terpadu melayani permintaan dari masyarakat secara tepat, benar dan sah sesuai kebutuhan masyarakat sebagai pemohon ijin.Keberadaan loket-loket perijinan dengan ditunjang oleh pegawai yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam pelayanan, sangat mendukung BP2T dalam memenuhi kriteria pelayanan publik yang berkualitas karena memberikan kemudahan bagi masyarakat pemohon. Selain itu, sarana dan prasarana yang yang berada di Badan Pelayanan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/425/ 051104368
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Oct 2011 13:54
Last Modified: 04 Jan 2022 04:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115050
[thumbnail of 051104368-OK.pdf]
Preview
Text
051104368-OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item