Prayekti, RatihArdyaniRestu (2011) Perencanaan Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) (Studi pada SMA Negeri 03 Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada era globalisasi seperti sekarang ini pemerintah berusaha menyiapkan SDM yang unggul dan mampu bersaing secara internasional. Oleh karena itu pemerintah menyelenggarakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional memiliki dasar hukum yang kuat yaitu pasal 50 ayat 3 Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa "Pemerintah dan / atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan bertaraf internasional". Namun kebijakan pemerintah ini terlalu tergesa-gesa dalam hal perencanaan sehingga di dalam pelaksanaannya masih banyak kekurangan atau masalah. Seperti contohnya adalah keberadaan RSBI ditegaskan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Rintisan SBI sudah bermunculan di Tanah Air sejak 2005. Akan tetapi, pedoman penjaminan mutu SBI, baik jenjang pendidikan dasar dan menengah, baru keluar pada tahun 2007 lalu. Buku Pedoman Penjaminan Mutu Sekolah/Madrasah Bertaraf Internasional pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, yang ditandatangani Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo, memang baru digulirkan pada 27 Juni 2007. Dalam penelitian ini beberapa permasalahan yang dibahas adalah : Mengapa Pemerintah Kota Malang menggagas RSBI, apakah perencanaan program RSBI telah disusun sesuai dengan kaidah normatif dan akademik, dan bagaimana bentuk persiapan yang telah dilakukan SMA Negeri 3 Kota Malang dalam rangka nelaksanakan program RSBI. Dari hasil penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini dapat digambarkan Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional belum sesuai dengan kaidah normatif serta kaidah akademik. Peraturan perundangan yang memayungi program tersebut kurang lengkap dan terkesan terlambat beberapa tahun setelah program tersebut berjalan. Secara akademis, program RSBI mempunyai beberapa kelemahan baik secara konseptual maupun implementasinya. Program tersebut kurang jelas secara konsep, kurikulum, tujuan, standar, sumber daya. Dalam menghadapi beberapa permasalahan sekolah mempunyai beberapa strategi dalam melaksanakan program RSBI dan dalam menanggulangi hambatan yang timbul. Dengan penelitian ini diharapkan Dinas Pendidikan Kota Malang sebaiknya melakukan berbagai langkah perbaikan konsep yang melibatkan berbagai unsur/ stakeholders pendidikan dan melakukan penelitian mendalam dan melibatkan lebih banyak publik. Sebab masyarakatlah yang pada akhirnya berperan sebagai pengguna program tersebut. Dalam perencanaan program harus mempertimbangkan kondisi sumber daya manusia, sumber dana, serta sosio-kultural dan ekonomi masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2011/422/ 051104365 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 12 Oct 2011 13:35 |
Last Modified: | 12 Oct 2011 13:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |