Kinerja Puskesmas dalam Pelayanan KB (Studi tentang Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Kendalsari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang),

Indriyana, Veny (2011) Kinerja Puskesmas dalam Pelayanan KB (Studi tentang Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Kendalsari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Organisasi publik maupun privat didirikan tentu saja dengan tujuan yang berbeda-beda. Tujuan yang ditetapkan oleh suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh visi dan misi serta nilai-nilai yang ada dalam organisasi tersebut, oleh karenanya tujuan organisasi yang baik akan merefleksikan orientasinya pada visi dan misi organisasi. Salah satu program yang terdapat di puskesmas yaitu program Keluarga Berencana (KB). Keluarga berencana (KB) adalah program nasional yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan, kesejahteraan ibu, anak dan keluarga khususnya, serta bangsa pada umumnya. Perkembangan laju peningkatan penduduk Indonesia pada saat dewasa ini tidak seimbang dengan sosial ekonomi dan tersedianya lapangan pekerjaan yang ada. Demikian pula halnya dalam masa yang akan datang, tanpa adanya usaha-usaha pencegahan perkembangan laju peningkatan penduduk yang terlalu cepat, usaha-usaha di bidang pembangunan ekonomi dan sosial yang telah dilakukan dengan maksimal tidak akan ada gunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja puskesmas dalam pelayanan KB dan mengetahui serta menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam pelayanan KB di Puskesmas Kendalsari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, maka yang menjadi fokus penelitian adalah kinerja Puskesmas Kendalsari dalam memberikan pelayanan KB kepada masyarakat, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pelayanan KB pada Puskesmas Kendalsari. Dalam penelitian ini yang menjadi lokasi penelitian adalah Kota Malang dan situs yang diambil adalah UPTD Puskesmas Kendalsari di Jl. Cengger Ayam No. 1 Kecamatan Lowokwaru. Dalam penelitian ini, sumber data adalah menyangkut orang atau informan yang dipilih secara sengaja oleh peneliti sebagai narasumber, karena dianggap menguasai bidang permasalahan termasuk sumber data tertulis sedangkan jenis dan sumber data yang digunakan untuk mendukung informasi yang diperlukan dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini adalah kinerja yang dilakukan puskesmas dalam pelayanan KB menunjukkan hasil yang belum optimal hal tersebut bisa dilihat dari rendahnya cakupan peserta KB yang belum memenuhi target. Hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi tentang KB itu sendiri dan bayaknya jenis pelayanan kesehatan yang tersedia di Kota Malang ini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, puskesmas telah melakukan upaya peningkatan promosi melalui ibu-ibu kader posyandu dan kegiatan masyarakat dan pelaksanaan mini lokakarya agar masalah yang dihadapi mendapat pemecahan/ jalan keluar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/411/ 051104261
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Oct 2011 14:28
Last Modified: 12 Oct 2011 14:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115035
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item