Pasar Wisata Belanja Tugu Kota Malang sebagai Pusat Pengembangan dan Pembinaan Pariwisata Belanja Kota Malang (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dan Pedagang Pasar Wisata Belanja

Nisrina, Syarifah (2011) Pasar Wisata Belanja Tugu Kota Malang sebagai Pusat Pengembangan dan Pembinaan Pariwisata Belanja Kota Malang (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dan Pedagang Pasar Wisata Belanja. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia sebagai negara berkembang selalu melakukan perombakan atau pembaharuan disetiap bidang yang ada dengan wujud nyata adalah pembangunan. Untuk itu dibutuhkan beberapa faktor pendukung agar tujuan pembangunan tersebut bisa terwujud. Salah satu faktor pendukung tersebut adalah pembangunan sektoral atau otonomi daerah, dimana hal ini bertujuan agar pembangunan dapat terkonsentrasi dan mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai salah satu wujud pembangunan sektoral yang nyata, dalam tulisan ini dibahas tentang pembangunan di bidang pariwisata di Kota Malang, khususnya tentang belanja wisata Kota Malang sebagai pusat belanja wisata. Jenis Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang merupakan penelitian terhadap fenomena tertentu yang diperoleh penelitian dari subyek berupa kelompok atau perspektif lain. Tujuan dari penelitian ini ingin memberikan gambaran atau penjelasan tentang aspek-aspek yang rentan dari fenomena, serta menggambarkan suatu keadaan yang sedang berjalan pada saat penelitian dan memeriksa sebab dari suatu gejala tertentu yang berupa fakta tertulis atau lisan dari sumber atau perilaku yang dapat diamati. Data primer dan data sekunder merupakan sumber data yang sangat mendukung dalam penulisan ini, dimana teknik pengumpulannya dengan cara wawancara, observasi serta dokumentasi data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, pedoman wawancara serta catatan lapangan. Sebagai bahan pendukung, ada beberapa teori yang disajikan dalam tulisan ini. Teori pariwisata, teori pemberdayaan yang merupakan upaya untuk membangun daya (masyarakat) dengan mendorong, memotivasi, dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimilikinya serta berupaya untuk mengembangkannya. Teori Pemberdayaan yang merupakan unsur dasar yang memungkinkan suatu masyarakat bertahan dan dalam pengertian yang dinamis mengembangkan diri dan mencapai kemajuan. Pembinaan adalah usaha, tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara berdaya guna untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Pengembangan merupakan upaya untuk memberi nilai tambah dari apa yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas hidup. Serta teori sinergi dan kemitraan yang berbicara tentang jalinan kerjasama yang terjalin. Dari hasil penelitian ini ada beberapa kesimpulan dan saran yang diharapkan mampu melengkapi semua usaha maupun hasil yang sudah tercapai oleh semua komponen pariwisata, sehingga jembatan moril yang berupa rasa tanggung jawab bersama bisa menciptakan sebuah sinergi yang nyata sebagai usaha bersama dalam mewujudkan kegiatan pariwisata yang sehat, profesional serta berkembang dengan baik dan terarah. Meskipun penelitian ini terfokus pada wisata belanja, namun nilai yang dihasilkan diharapkan juga mampu mengangkat pariwisata Kota Malang secara umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/395/ 051103851
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Nov 2011 12:26
Last Modified: 02 Nov 2011 12:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115018
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item