)Pelaksanaan Standar Pelayanan Kesehatan dalam Rangka Menjamin Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Studi di Puskesmas Dinoyo Kota Malang),

Aktaviana, Nina (2011) )Pelaksanaan Standar Pelayanan Kesehatan dalam Rangka Menjamin Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Studi di Puskesmas Dinoyo Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesehatan merupakan hak fundamental setiap warga negara yang diakui di dalam peraturan hukum internasional maupun nasional. Karena itu setiap individu berhak memperoleh perlindungan terhadap kesehatannya dan negara bertanggung jawab memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Puskesmas adalah sarana pelayanan kesehatan terdepan yang mempunyai tugas menjangkau dan dijangkau oleh masyarakat di wilayah kerja. Puskesmas bertanggung jawab menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang dapat dijamin kualitasnya. Untuk mengetahui jaminan kualitas pelayanan kesehatan, biasanya dikenal dengan istilah Standar Pelayanan Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan standar pelayanan kesehatan dalam rangka menjamin kualitas pelayanan kesehatan serta untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan standar pelayanan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif yang menggunakan tehnik/pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan cara wawancara (in-depth interview), observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap informan dari unsur pemerintah (pemberi layanan) dan unsur masyarakat (pengguna layanan). Tehnik observasi partisipan dan observasi non partisipan. Dokumentasi menggunakan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan. Hasil penelitian diuraikan secara deskriptif kemudian di analisis dan diinterpretasikan untuk menemukan jawaban atas pertanyan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa standar pelayanan kesehatan di Puskesmas Dinoyo belum berjalan secara maksimal sehingga kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas tersebut belum sepenuhnya terjamin. Hal tersebut diketahui dari proses pemberian pelayanan yang dilihat dari standar masukan, standar proses atau standar tindakan dan standar keluaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/385/ 051103837
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Oct 2011 09:17
Last Modified: 31 Oct 2011 09:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115007
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item