Astuti, DeniDwi (2011) Penerapan Relationship Marketing untuk Mempertahankan dan Meningkatkan Pelanggan(Studi pada PT. Yubi Tour & Travel di Gedung Inbis lantai 1 Jl. Veteran NO. 10-11 Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemasaran modern saat ini terus mengalami pergeseran, tidak hanya menciptakan transaksi untuk mencapai keberhasilan pemasaran, tetapi perusahaan juga harus menjalin hubungan dengan pelanggan dalam waktu yang panjang, sehingga muncul era pemasaran secara personal yaitu Relationship Marketing, dimana dengan strategi tersebut perusahaan harus menjalin hubungan baik dengan pelanggan melalui cara membina hubungan yang lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah, mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dengan perusahaan. Relationship marketing biasanya lebih sering digunakan dalam perusahaan jasa, begitupun penelitian ini memfokuskan pada implementasi proses Relationship Marketing perusahaan transportasi yaitu pada PT. Yubi Tour & Travel Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan Relationship Marketing terhadap perusahaan sebagai upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan pelanggan . Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif ( Descriptive Studies ) yaitu secara umum metode deskriptif dapat diartikan sebagai metode penelitian untuk memperoleh gambaran mengenai situasi atau kejadian suatu obyek penelitian, tujuan metode ini adalah untuk membuat deskriptif, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antara fenomena yang diselidiki serta mendapatkan kesimpulan dari masalah yang dipecahkan. untuk mengetahui dampak penerapan terhadap perusahaan sebagai upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan pelanggan() yaitu secara umum metode deskriptif dapat diartikan sebagai metode penelitian untuk memperoleh gambaran mengenai situasi atau kejadian suatu obyek penelitian, tujuan metode ini adalah untuk membuat deskriptif, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antara fenomena yang diselidiki serta mendapatkan kesimpulan dari masalah yang dipecahkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui 1) Wawancara yaitu proses memperoleh data dengan melakukan tanya jawab/ wawancara, dimana respondennya adalah pimpinan perusahaan dan karyawan dari PT. Yubi Tour & Travel, 2) Observasi (pengamatan) yaitu teknik pengumpulan data dengan cara mengadakan pengamatan langsung pada objek studi yang diamati, 3) Dokumentasi yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan mempelajari dokumen atau catatan-catatan perusahaan yang dianggap relevan dengan permasalahan yang diteliti. Objek dalam penelitian ini adalah 1 ) Relationship Marketing yang terdiri dari Internal marketing, external marketing, Interactive marketing, 2) Customer database yang terdiri dari pasar sasaran, bina hubungan dengan pemasok dan pesaing, produk jasa yang paling banyak diminati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) PT. Yubi Tour & Travel merupakan perusahaan jasa yang bergerak pada bidang transportasi, baik jasa transportasi darat, transportasi, laut, maupun transportasi udara, 2) Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat diketahui bahwa meskipun kesejahteraan karyawan sudah cukup baik tetapi masih terdapat kekurangan-kekurangan, seperti adanya promosi jabatan yang dilakukan oleh perusahaan, 3) produk jasa yang ada pada perusahaan sudah cukup baik dan bervariasi, meskipun demikian perlu adanya tambahan produk jasa lain mengingat persaingan jasa transportasi cukup ketat 4) Customer database pada perusahaan belum maksimal, hal ini dikarenakan belum adanya penggolongan antara pelanggan lama dan pelanggan baru, 5) Usaha-usaha yang dilakukan perusahaan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggannya adalah melalui Personal relationship , Sales call, Penanganan keluhan, 6) Target dan realisasi jasa dari bulan ke bulan terus mengalami peningkatan dan sangat memuaskan, Dari data yang didapatkan dapat diketahui bahwa realisasi penjualan pada PT. Yubi Tour & Travel dari mulai beroperasinya perusahaan sampai bulan mei 2011 terus mengalami peningkatan, usaha Relationship Marketing yang dilaksanakan perusahaan terus mengalami peningkatan, dapat dibuktikan dengan pelanggan complain mengalami penurunan yaitu 6,38% menjadi 3,62%, selain itu pada realisasi penjualan pelanggan tidak semuanya berdasarkan salles call artinya sebagian lain sudah menjadi pelanggan yang loyal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2011/368/ 051103821 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 15 Nov 2011 11:26 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 03:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114989 |
![]() |
Text
Deni Dwi Astuti.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |