Strategi Peningkatan Penerimaan Pajak Reklame (Studi Pada Dinas Perijinan dan Dinas Pendapatan Kota Malang),

Sandhy, ZudhitRahditia (2011) Strategi Peningkatan Penerimaan Pajak Reklame (Studi Pada Dinas Perijinan dan Dinas Pendapatan Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini yang menjadi masalah utama adalah masalah banyaknya kebocoran penerimaan pajak reklame akibat banyaknya kecurangan dan reklame yang tidak mempunyai ijin, sehingga diperlukan strategi peningkatan penerimaan pajak reklame untuk mengoptimalkan penerimaan pajak reklame. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bermaksud melakukan penggambaran dan menguraikan keadaan yang sebenarnya terjadi berdasarkan fakta dan berusaha mencari jalan pemecahannya. Untuk memperoleh data dan informasi dilakukan dengan jalan wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara dan catatan lapangan. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk memperoleh data yang benar-benar relevan dengan tujuan penelitian. Dari penelitian menghasilkan : Strategi Peningkatan penerimaan pajak reklame dilakukan oleh Dinas Perijinan dan Dinas Pendapatan Kota Malang. Masing-masing dinas mempunyai strategi intensifikasi dan strategi ekstensifikasi. Dinas Perijinan dalam hal ini berwenang pada proses pelayanan ijin reklame, sehingga strategi yang dijalankan Dinas Perijinan berkaitan dengan proses pelayanan ijin reklame. Strategi Intensifikasi Dinas Perijinan meliputi: 1) Mempermudah dan mempercepat pelayanan perijinan. Langkah dalam mempermudah pelayanan, Dinas Perijinan membentuk tim teknis dan tim pertimbangan reklame. 2) Meningkatkan kualitas aparatur Dinas Perijinan dalam strategi ini yang dilakukan Dinas Perijinan adalah menempatkan pegawai sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki serta mengikutkan aparatur dalam pelatihan dan seminar. 3) Menggunakan tekhnologi informasi. Teknologi dalam hal ini khususnya pada Sistem Informasi Manajemen (SIM) langkah yang dilakukan Dinas Perijinan dalam hal ini bekerjasama dengan pihak Perguruan Tinggi. Sedangkan strategi Ekstensifikasi Dinas Perijinan meliputi :1) Kordinasi dengan dinas terkait, dinas yang dimaksud adalah dinas yang tergabung dalam tim teknis dan pertimbangan reklame, 2) Sosialisasi pelayanan perijinan. Sosialisasi ini dilakukan dengan bekerjasama dengan RRI Kota Malang. Dinas Pendapatan Kota Malang dalam hal reklame mempunyai kewenangan dalam hal pemungutan pajak, sehingga strategi yang dijalankan berkaitan dengan pemungutan. Dalam menjalankan pemungutan pajak reklame, Dinas pendapatan berpedoman pada Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 4 Tahun 2008 tentang Tata Cara Perhitungan Pajak Reklame. Strategi peningkatan penerimaan pajak reklame oleh Dinas Pendapatan meliputi :1) Pendaftaran dan Pendataan objek, dalam hal ini yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan adalah membuka loket layanan pada hari sabtu dan minggu, loket ini khusus reklame insidentil. 2) Pengawasan dilapangan terhadap reklame. Dalam melakukan pengawasan, Dinas Pendapatan bekerjasama dengan Satpol PP. 3) Pemungutan pajak secara langsung. yang dilakukan Dinas Pendapatan dalam strategi ini adalah melakukan pemungutan langsung kepada wajib pajak. Hal ini dilakukan untuk mempermudah wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak reklame. Strategi ekstensifikasi yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan yaitu melakukan Sosialisasi kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/360/ 051103299
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Oct 2011 15:22
Last Modified: 26 Oct 2011 15:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114981
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item