Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan Sebagai Upaya Meningkatkan Efektifitas Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Pada PT. Cakra Agung Lentera Jakarta)”.

Adi, IWayanPurbaWisesa (2011) Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan Sebagai Upaya Meningkatkan Efektifitas Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Pada PT. Cakra Agung Lentera Jakarta)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumitnya suatu sistem penggajian dan upah karyawan, diantaranya adalah mengenai penggajian menurut penggolongan atau pengelompokan yang berdasarkan tingkat sumber daya manusia, golongan atau pangkat, prestasi, dan jatah jam lembur, dengan adanya sistem akuntansi penggajian karyawan dapat juga memperkecil kemungkinan penyelewengan atau kesalahan yang terjadi dalam sistem penggajian perusahaan baik secara sengaja maupun tidak sengaja yang dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan, untuk memperkecil kemungkinan terdapat penyelewengan dan kesalahan tersebut adalah dengan cara memberikan infomasi secara lengkap seluruh karyawan-karyawan yang bekerja di perusahaan untuk membantu dan mengontrol sistem akuntansi penggajian karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :Untuk mengetahui pelaksanaan sistem akuntansi penggajian yang diterapkan pada PT. Cakra Agung Lentera.Untuk mengetahui pelaksanaan sistem akuntansi penggajian yang efektif bagi sistem pengendalian intern pada PT. Cakra Agung Lentera. Fokus penelitian diperlukan untuk membatasi studi pada penelitian sehingga objek yaag akan diteliti tidak terlalu luas. Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian yang akan dibahas adalah : Struktur Organisasi, Formulir dan dokumen, Jaringan prosedur yang membentuk sistem akuntansi penggajian. Dari hasil penelitian diketahui sistem akuntansi penggajian di PT. Cakra Agung Lentera terdapat perangkapan tugas antara bagian akuntansi dan bagian keuangan, sehingga tidak ada pemisahan tanggung jawab fungsional. Dalam sistem akuntansi penggajian di PT. Cakra Agung Lentera belum melibatkan peran Direktur dalam pengotorisasian pembayaran, padahal segala sesuatu bentuk pengeluaran dalam jumlah besar harus mendapat otorisasi dari Direktur. Pembagian gaji karyawan pada PT. Cakra Agung Lentera yang dilakukan oleh bagian personalia telah ada bukti RDG (Rekap Daftar Gaji). RDG (Rekap Daftar Gaji) yang dibuat oleh bagian personalia sudah mencerminkan kinerja pegawai yang berkaitan dengan prosedur penggajian. Dalam meningkatkan pengendalian intern yang ada maka hendaknya perusahaan perlu : Untuk formulir kartu jam kerja pihak perusahaan perlu untuk melakukan pemesanan formulir yang baru dimana pada formulir tersebut telah tercantum mengenai nomor urut tercetak. Dan untuk formulir perintah lembur perlu ditambah mengenai realisasi lembur sehingga kolom tersebut akan terlihat mengenai nama karyawan, mulai lembur sampai akhir pada tanggal diadakan kerja lembur, serta total jam lembur yang telah ditempuh oleh karyawan lembur. Dari perincian tersebut maka akan dapat memudah pihak manajemen perusahaan dalam menentukan jumlah besarnya upah lembur.Pada sistem dan prosedur penggajian dan pengupahan disini perusahaan perlu untuk melakukan perbaikan pada sistem dan prosedur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/358/ 051103297
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Oct 2011 11:29
Last Modified: 13 Oct 2011 11:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114978
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item