Pelaksanaan dan Kualitas Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang (Studi pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang),

Purnomo, RinoAndriasDwi (2011) Pelaksanaan dan Kualitas Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang (Studi pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan prima merupakan tuntutan yang harus dipenuhi terutama dalam hal yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang merupakan Badan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Badan ini memiliki tingkat hubungan yang tinggi dengan masyarakat terutama pada layanan IMB. Sehingga sangat penting untuk menjaga kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepercayaan pada masyarakat. Untuk itu perlu dievaluasi setiap tahun agar kualitas dari pelayann tidak menurun dan kepercayaan dari masyarakat terus meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian terletak pada pelaksanaan pelayanan dan juga kualitas pelayanan. Fokus disini akan menjelaskan bagaimana palaksanaan akan berjalan seiring dengan kualitas pelayanan. Sedangkan sumber data yang diperoleh adalah berasal dari wawancara, dokumentasi, dan juga arsip-arsip lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BP2T Kota Malang telah memberikan pelayanan perijinan sesuai dengan protap dan juga standar pelayanan yang telah dibuat.Pelayanan IMB dalam hal sistem, prosedur, persyaratan, biaya, dan waktu penyelesaian telah sesuai dengan standar pelayanan. Namun masih ada keluhan dari pemohon mengenai pelayanan yang diberikan. Dari hasil penelitian, kebanyakan masyarakat masih belum memahami secara keseluruhan mengenai standar pelayanan yang diberikan, sehingga ada yang merasa bahwa pelayanan terkesan lamban. Setiap pelayanan harus disertai dengan kualitas yang baik agar timbul kepuasan, kenyamanan dan kepercayaan dari pemohon. Kepuasan dan kepercayaan dari pemohon dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurus IMB. Adapun beberapa hal yang belum dilaksanakan secara maksimal oleh BP2T. salah satunya adalah pelayanan informasi berbasis web . W ebsite sebagai media komunikasi antar badan dengan masyarakat selama 24 jam tidak berfungsi dengan baik. Ini terbukti dari sulitnya akses untuk membuka website tersebut. Selain itu kurangnya sosialisasi membuat masyarakat enggan dan tidak mengerti serta berpikiran bahwa IMB itu tidak penting. Berdasarkan hal di atas, maka Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang diharapkan bisa memperbaiki celah-celah negatif yang dinilai dapat menurunkan kualitas pelayanan terhadap pemohon. Perbaikan itu dapat dilakukan dengan cara lebih intensif dalam mengadakan sosialisasi perijinan utamanya IMB, segera memperbaiki website yang ada, dan senantiasa melakukan evaluasi kinerja danjuga pelayanan sehingga diharapkan pelayanan yang diterima masyarakat selalu dalam kondisi yang maksimal sehingga tercipta kepuasan, kenyamanan, dan juga kepercayaan .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/355/ 051103294
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Oct 2011 09:58
Last Modified: 25 Oct 2011 09:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114975
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item