Kontribusi Bidang Pariwisata Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Studi Tentang Pajak Hotel, Pajak Restoran, Dan Pajak Hiburan Di Kota Batu),

Kuncoro, WidhoMahayu (2011) Kontribusi Bidang Pariwisata Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Studi Tentang Pajak Hotel, Pajak Restoran, Dan Pajak Hiburan Di Kota Batu),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengambil tema tentang kontribusi bidang pariwisata terhadap peningkatan pendapatan asli daerah, dilatar belakangi oleh adanya otonomi sehingga mengharuskan daerah untuk bisa mandiri mengelola kegiatan pemerintahannya. Pemerintah daerah membutuhkan suatu sumber keuangan dalam mengatur dan mengurus pemerintahannya sendiri yang bersumber dari kekayaan daerah yang harus dikelola dan dikembangkan untuk membiayai pemerintahannya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar sumber sumber keuangan yang ada di daerah memberikan kontribusi terhadap daerah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Metode tersebut digunakan untuk menguji pengaruh antara variabel bebas pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan dengan pendapatan asli daerah sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan. Pengambilan data bersumber dari data sekunder dengan sampel yang diambil mulai dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2010. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda) yang digunakan untuk mengetahui tingkat pengaruh, signifikansi, dan dominan dari ketiga variabel yang diteliti. Data hasil penelitian diolah menggunakan komputer program SPSS 16. Hasil dari penelitian ini dilihat dari data yang telah diambil, besarnya kontribusi pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan terhadap pendapatan asli daerah mempunyai nilai tidak lebih dari 16%, namun jika dilihat dari banyaknya sumber pendapatan asli daerah Kota Batu persentase dari ketiga pajak tersebut cukup besar. Jika dilihat dari analisis inferensial hasilnya menunjukkan pengaruh sebesar 77,2% kontribusi dari pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan sedangkan sisanya 22,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti pajak penerangan jalan, pajak reklame, retribusi daerah dll. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan secara parsial dan simultan (bersama-sama) antara pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan terhadap pendapatan asli daerah Kota Batu. Namun dari ketiga variabel independen yang digunakan, terdapat dua variabel yang signifikan kontribusinya terhadap pendapatan asli daerah. Sedangkan variabel yang berpengaruh paling besar (dominan) terhadap pendapatan asli daerah adalah pajak hiburan. Dengan demikian, saran dari peneliti alangkah baiknya jika Pemerintah Daerah Kota Batu khususnya Dinas Pendapatan Daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah diharapkan bisa lebih meningkatkan dan memaksimalkan penerimaan dengan berupaya melalui intensifikasi dan ekstensifikasi dalam meningkatkan pendapatan seperti intensifikasi melalui pembinaan hubungan kemitraan dengan subyek pajak, dan ekstensifikasi melalui perluasan obyek pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/354/ 051103293
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Oct 2011 11:01
Last Modified: 13 Oct 2011 11:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114974
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item