Pembinaan Pengangguran Terdidik Melalui Pelatihan Kerja Di Bidang Otomotif Sepeda Motor (studi pada Unit pelaksanaan teknis pelatihan kerja Singosari),

Setiawan, Agus (2011) Pembinaan Pengangguran Terdidik Melalui Pelatihan Kerja Di Bidang Otomotif Sepeda Motor (studi pada Unit pelaksanaan teknis pelatihan kerja Singosari),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah pengangguran terdidik pada saat ini sangat memperhatinkan. Faktanya persoalan pengangguran bukan sekedar bertumpu pada makin menyempitnya dunia kerja, tetapi juga rendahnya kualitas sumber daya manusia. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembinaan pengangguran terdidik yang diberikan oleh UPT pelatihan kerja Singosari kepada anak didiknya?, dan apakah faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi oleh UPT pelatihan kerja singosari dalam upaya pembinaan dibidang otomotif sepeda motor bagi pengangguran terdidik?. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan pembinaan pengangguran terdidik melalui pelatihan kerja dibidang otomotif sepeda motor dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembinaan pengangguran terdidik melalui pelatihan kerja dibidang otomotif sepeda motor Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini terdiri dari peneliti sendiri, pedoman wawancara, dan alat-alat tulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam prakteknya UPT pelatihan kerja singosari memberikan setiap kegitan pelatihan yang di pusatkan pada latihan penunjang, latihan teori, dan latihan praktek. Hasilnya siswa di UPT pelatihan kerja singosari mampu mengisi lapangan pekerjaan dan dapat membuka lapangan usaha sendiri. Dan kegiatan pelatihan telah menjadi program pemerintah kepada sejumlah kalangan yang belum mendapatkan pekerjaan. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan agar dapat mengurangi jumlah pengangguran terdidik untuk mendapatkan berbagai macam bentuk informasi dari lowongan pekerjaan baik didalam negeri maupun luar negeri, dan dapat mengembangkan sumber daya manusianya itu sendiri. Dan untuk meningkatkan proses pelatihan, UPT pelatihan kerja Singosari perlu meningkatkan kemampuan instruktur terhadap materi pelatihan kerja dan perlu penambahan dana alokasi untuk sarana dan prasarana yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/350/ 051103289
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Sep 2011 10:48
Last Modified: 28 Sep 2011 10:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114970
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item