Pelayanan Kesehatan Bagi Ibu Hamil Dan Balita Miskin (Studi Pada Puskesmas Oro-Oro Ombo, Kelurahan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun).

Reynaldo, Rio (2011) Pelayanan Kesehatan Bagi Ibu Hamil Dan Balita Miskin (Studi Pada Puskesmas Oro-Oro Ombo, Kelurahan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengambil tema pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan balita miskin. Terdapat dua rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan balita miskin di Puskesmas Oro-Oro Ombo dan faktor pendukung serta faktor penghambat pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan balita miskin di Puskesmas Oro-Oro Ombo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisa pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan balita miskin di Puskesmas Oro-Oro Ombo. Disamping itu juga mengetahui apa faktor pendukung dan faktor penghambat pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan balita miskin di Puskesmas Oro-Oro Ombo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif dari Miles dan Huberman dengan empat prosedur yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Oro-Oro Ombo tidak baik yaitu tidak ada pelayanan kesehatan yang dikhususkan untuk ibu hamil dan balita miskin, tidak adanya papan tarif pelayanan dan papan alur pelayanan, serta pelayanan yang diberikan kurang cepat. Faktor pendukung dalam pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan balita miskin yaitu kemampuan dan keterampilan petugas dalam menangani pasien serta sarana dan prasarana yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang pedulinya masyarakat miskin menjaga kesehatan diri, faktor ekonomi, serta pendataan jamkesmas yang kurang akurat. Dalam penelitian ini, peneliti menyarankan bahwa dalam pelayanan kesehatan diberikan pelayanan yang khusus bagi ibu hamil dan balita miskin mengingat mereka memiliki kemampuan menjaga kesehatan yang kurang. Disamping itu diharapkan puskesmas mengoptimalkan upaya promotifnya / sosialisasi kesehatan untuk menambah pengetahuan bagi ibu hamil dan balita miskin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/337/ 051103276
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Nov 2011 12:28
Last Modified: 14 Nov 2011 12:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114957
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item