Profesionalisme Pemerintah Daerah Dalam Pelayanan Ijin SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) (Studi Pada Kantor Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten Probolinggo),

Arifin, MuhammadSyahrir (2011) Profesionalisme Pemerintah Daerah Dalam Pelayanan Ijin SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) (Studi Pada Kantor Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten Probolinggo),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar kinerja yang dilakukan Oleh Kantor Penanaman Modal dan Perijinan dalam melayani masyarakat dalam hal perijinan tentunya untuk ijin SIUP. Dari informasi yang didapat bahwa Kantor Penanaman Modal dan Perijinan mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 sebagai upaya untuk lebih efektif dan efisien. Jika melihat prestasi yang diperoleh tentunya Kantor Penanaman Modal dan Perijinan bisa dikatakan profesional dalam menerapkan pelayanan terhadap masyarakat. Selain itu Kantor yang berdiri sejak tahun 2008 dari tahun ke tahun, ijin SIUP yang dikeluarkan semakin meningkat. Penerapan pelayanan perijinan di Kantor Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten Probolinggo dilakukan secara profesional melalui pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat mulai dari penyampaian informasi, pendaftaran, proses perijinan dan transparansi biaya pengurusan ijin sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk pelayanan kepada masyarakat, Kantor Penanaman Modal dan Perijinan tidak diskriminatif, dengan kata lain tidak membeda-bedakan masyarakat dalam melayani. Semua masyarakat mendapatkan perlakuan yang sama untuk melakukan proses membuat permohonan surat ijin. Semua pelayanan perijinan diberikan secara maksimal dan profesional sesuai standar pelayanan publik yang telah ditetapkan. Pelayanan yang diberikan juga termasuk cepat. Kecepatan pelayanan yang diberikan petugas perijinan di Kantor Penanaman Modal dan Perijinan sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Untuk standar waktu penyelesaian pengurusan ijin SIUP hanya 1 (satu) hari. Penelitian ini mengacu pada tinjauan pustaka tentang pemerintah daerah, profesionalisme, pelayanan publik, dan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP). Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian deskriptif. Memiliki tiga fokus penelitian yaitu profesionalisme pemerintah daerah dalam pelayanan perijinan, pelayanan ijin SIUP pada Kantor Penanaman Modal dan Perijinan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan ijin SIUP. Profesionalisme pemerintah daerah dalam pelayanan perijinan memiliki beberapa indikator yaitu kecepatan pelayanan, kompetensi dan kemampuan, akurasi pelayanan, dan aspek etika. Untuk pelayanan ijin SIUP pada Kantor Penanaman Modal dan Perijinan meliputi kesederhanaan prosedur, waktu penyelesaian, biaya yang diperlukan, akurasi, dan respon masyarakat terhadap pelayanan perijinan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan ijin SIUP meliputi faktor pendukung dan penghambat. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Probolinggo dan situs penelitian di Kantor Penanaman Modal dan Perijinan (KPMP). Sumber data yang diperoleh melalui data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data secara observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun instrumen penelitian berupa peneliti sendiri, wawancara, dan catatan lapangan. Dan analisis data yang digunakan terdiri dari memahami, sintesis, teoritis dan recontextualisasi. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa petugas atau tenaga pelayanan perijinan yang ada pada Kantor Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten Probolinggo memiliki sikap dan etika yang profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Petugas pelayanan perijinan selalu bersikap ramah pada waktu berhadapan langsung dengan masyarakat, sehingga memberikan kesan yang positif bagi masyarakat. Sehingga respon masyarakat terhadap pelayanan perijinan sangat baik. Akan tetapi Kantor Penanaman Modal dan Perijinan masih kurang memberikan sosialisasi terkait pelayanan perijinan tentunya tentang ijin SIUP kepada masyarakat. Akibatnya masyarakat masih kurang paham terhadap ijin SIUP tersebut. Kesimpulan dari penelitan ini bahwa Penerapan profesionalisme pelayanan perijinan di Kantor Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten Probolinggo dilakukan melalui pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat mulai dari penyampaian informasi, pendaftaran, proses perijinan dan transparansi biaya pengurusan ijin sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kecepatan pelayanan, kompetensi dan kemampuan yang dimiliki petugas pelayanan perijinan, akurasi pelayanan yang diberikan dan aspek etika telah ditunjukan oleh petugas pelayanan perijinan sebagai usaha untuk memperlihatkan tingkat profesionalisme pemerintah daerah dalam melayani masyarakat. Prosedur pelayanan yang diberikan di Kantor Penanaman Modal dan Perijinan Kabupten Probolinggo tergolong sederhana dan cukup mudah bagi masyarakat, dan waktu penyelesaian ijin SIUP hanya satu hari. Pemberian pelayanan kepada masyarakat tidak ada pembedaan, semua pelayanan perijinan diberikan secara maksimal dan profesional. Secara umum respon dari masyarakat cukup puas dengan pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/327/ 051103266
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Oct 2011 10:58
Last Modified: 26 Oct 2011 10:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114946
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item