Perencanaan Pajak Sebagai Upaya Penghematan Pajak Penghasilan Pasal 21 Pegawai Tetap Dengan Metode Gross Up (Studi Kasus Pada PT.Temprina Media Grafika Surabaya)

Dewi, MegaKusuma (2011) Perencanaan Pajak Sebagai Upaya Penghematan Pajak Penghasilan Pasal 21 Pegawai Tetap Dengan Metode Gross Up (Studi Kasus Pada PT.Temprina Media Grafika Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor perpajakan merupakan sumber penerimaan dalam negeri yang cukup besar, yang merupakan salah satu iuran atau partisipasi seluruh anggota masyarakat kepada negara berdasarkan kemampuan masing-masing.Sistem yang di anut Indonesia adalah Self Assesment System yang mengharuskan Wajib Pajak untuk menghitung sendiri, menyetorkan dan melaporkan sendiri kewajiban pajaknya sehingga memerlukan perencanaan pajak yang sesuai dengan Undang-Undang. Perencanaan pajak merupakan tindakan penstrukturan yang terkait dengan konsekuensi potensi pajaknya, yang tekanannya pada pengendalian setiap transaksi yang ada konsekuensi pajaknya. Pajak penghasilan pasal 21 dapat diperlakukan dengan tiga metode yaitu: Net Method ( merupakan metode pemotongan pajak dimana perusahaan menanggung pajak karyawannya), Gross Method ( merupakan metode pemotongan pajak dimana karyawan menanggung sendiri jumlah pajak penghasilannya), Gross-Up Method ( merupakan metode pemotongan pajak dimana perusahaan memberikan tunjangan pajak yang jumlahnya sama besar dengan jumlah pajak yang akan dipotong dari karyawan). Tujuan dari gross up di dalam perhitungan pajak penghasilan pasal 21 adalah untuk mencari tunjangan pajak yang jumlahnya sama dengan pajak yang terhutang Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif karena dengan jenis penelitian ini penulis dapat menggambarkan hasil penelitian sesuai dengan tujuan penelitian. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan instrument penelitian wawancara, observasi, dan dokumentasi. Diharapkan dengan menggunakan penelitian kualitatif dapat menganalisa data pada perusahaan serta membandingkan hasillnya. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa berdasarkan hasil perhitungan Pajak Penghasilan pasal 21 dengan menngunakan Metode Gross Up, dapat disimpulakan bahwa PT.Temprina Media Grafika bisa menghemat , Pajak Penghasilan 21 sebesar Rp. 832.464.562,57. Hal ini dapat terlihat dari besarnya pembayaran pajak sebelum Gross Up sebesar Rp.10.573.074.789,48 dan setelah Gross Up menjadi Rp. 9.740.610.226,91.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/30/ 051100646
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jul 2011 14:42
Last Modified: 26 Jul 2011 14:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114919
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item