Evaluasi Sistem dan Prosedur Pembiayaan Mudharabah dalam Meningkatkan Pengendalian Intern“ (Studi kasus pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang).

Rakhmadani, ApriliaDwi (2011) Evaluasi Sistem dan Prosedur Pembiayaan Mudharabah dalam Meningkatkan Pengendalian Intern“ (Studi kasus pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang adalah salah satu bank umum yang menjalankan kegiatannya dengan menggunakan sistem syariah, Pembiayaan Mudharabah merupakan salah satu produk pembiayaan yang banyak diminati masyarakat dengan sistem bagi hasil. Dengan adanya pembiayaan pasti ada pembiayaan yang bermasalah seperti contoh tunggakan pembiayaan oleh nasabah. Pembiayaan bermasalah dapat diminimalisir oleh pihak bank dengan lebih teliti dalam menganalisis permohonan, pencairan, hingga pembayaran pembiayaan. Penelitian yang dilakukan pada PT.Bank Syariah Mandiri kantor cabang Malang, bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem pemberian pembiayaan mudharabah pada PT.Bank Syariah Mandiri kantor cabang Malang dan untuk mengetahui pelaksanaan sistem pembiayaan mudharabah dalam rangka meningkatkan pengendalian intern untuk meminimalisir terjadinya kredit macet. Pada sistem pemberian pembiayaan mudharabah yang baik maka diperlukan penerapan sistem pengendalian intern kredit yang baik pula dalam suatu perusahaan. Sistem pemberian pembiayaan mudharabah yang diterapkan harus sesuai dengan unsur pengendalian intern kredit yaitu personil yang kompeten dan dapat dipercaya, adanya pemisahan tugas, prosedur otorisasi yang tepat, dokumen dan catatan yang memadai, kontrol fisik aktiva dan catatan serta pemeriksaan pekerjaan secara independen. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Pelaksanaan sistem dan prosedur pembiayaan mudharabah pada PT.Bank Syariah Mandiri kantor cabang Malang telah mencerminkan adanya pengendalian intern kredit yang baik namun masih terdapat beberapa kekurangan diantaranya adalah di dalam PT.Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang Account Officer merangkap tugas melakukan investigasi, menganalisis, dan menginput data nasabah ke dalam BI checking dan PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang belum memenuhi tolak ukur formulir yang baik yaitu formulir yang digunakan masih banyak yang tidak di buat rangkap dan bernomor urut cetak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/293/ 051102993
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Aug 2011 09:48
Last Modified: 03 Aug 2011 09:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114912
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item