Pelaksanaan Indeks Kepuasan Masyarakat Berdasarkan KEP/25/M.PAN/2/2004 (studi tentang Pelayanan KTP di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan).

Adisti, SonyaRatna (2011) Pelaksanaan Indeks Kepuasan Masyarakat Berdasarkan KEP/25/M.PAN/2/2004 (studi tentang Pelayanan KTP di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini peneliti membahas mengenai implementasi Indeks Kepuasan Masyarakat yang mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelayanan KTP di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Latar belakang dari penelitian ini adalah peran serta masyarakat dalam peningkatan kualitas pelayanan pada era otonomi daerah, termasuk pelayanan KTP di Kabupaten Pasuruan. Dalam kenyataannya kinerja aparatur pemerintah kini masih menjadi sorotan negatif oleh banyak kalangan, serta masih minimnya kepuasan masyarakat sebagai penerima jasa pelayanan. Dari uraian diatas yang jadi permasalahan didalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi pelayanan KTP yang diberikan, hasil pengukuran kepuasan masyarakat terhadap pelayanan KTP serta upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja pelayanan aparatur pemerintah di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif pada umumnya merupakan penelitian non hipotesis sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis. Metode yang digunakan adalah dengan metode survey. Survey dilakukan dengan sampel yang diambil dari suatu populasi dan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data utama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tenik quota sampling, yaitu teknik ini digunakan hanya untuk menentukan unit populasi yang akan dijadikan sampel penelitian. Unit populasi yang menjadi sampel penelitian, selanjutnya diinterview atau diberikan kuesioner. Dari analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 14 sub variabel U (tingkat kepuasan terhadap pelayanan publik), diketahui bahwa IKM dari U1 (prosedur pelayanan) memiliki nilai konversi 64,68 dapat dikategorikan baik/ puas, U2 (persyaratan pelayanan) dengan nilai interval konversi 57,83 yang dapat dikategorikan kurang baik/kurang puas, U3 (kejelasan petugas pelayanan) dengan nilai konversi 66,68 yang dapat dikategorikan baik/ puas, U4 (kedisiplinan petugas pelayanan) memiliki nilai konversi 65,33 yang dikategorikan baik/ puas, U5 (tanggungjawab petugas pelayanan) dengan nilai konversi 61,33 yang dapat dikategorikan kurang baik, U6 (kemampuan petugas pelayanan) memiliki nilai konversi 59,00 yang dikategorikan kurang baik/ kurang puas, U7 (kecepatan pelayanan) dengan nilai konversi 65,18 dapat dikategorikan baik/ puas, U8 (keadilan mendapatkan pelayanan) dengan nilai konversi 65,83 dapat dikategorikan baik/ puas, U9 (kesopanan dan keramahan petugas pelayanan) dengan nilai konversi 62,83 dikategorikan baik/ puas, U10 (kewajaran biaya pelayanan) dengan nilai konversi 61,18 dikategorikan dengan tidak baik, U11

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/288/ 051102988
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Aug 2011 10:04
Last Modified: 02 Aug 2011 10:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114906
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item