Upaya Meningkatkan Profesionalisme Pegawai Dalam Pelayanan Publik di PT. PLN Kota Malang.

Kholid, IndraNur (2011) Upaya Meningkatkan Profesionalisme Pegawai Dalam Pelayanan Publik di PT. PLN Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan merupakan langkah atau upaya untuk mencapai suatu perubahan kearah yang lebih baik. Upaya yang dilakukan didalam memenuhi sasaran dan tujuan pembangunan adalah dengan mengembangkan sistem kelembagaan yang berfungsi sebagai alat agar tujuan dan sasaran tersebut dapat berfungsi secara efektif dan efisien. Pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk membantu dan memberi manfaat kepada masyarakat umum terhadap penyediaan barang atau jasa yang mereka butuhkan.Di beberapa daerah di Indonesia telah mengembangkan proses pelayaan publik untuk mendukung pelaksanaan pembangunan sehingga dari pengembangan yang dilakukan dapat membawa dampak yang cukup berarti. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Bagaimanakah upaya meningkatkan profesionalisme pegawai PT. PLN Kota Malang dalam memberikan pelayanan publik yang profesional dan apa faktor yang menjadi kendala upaya meningkatkan profesionalisme pegawai di PT. PLN (Persero) Kota Malang dalam meningkatkan pelayanan publik yang profesional. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Upaya meningkatkan Profesionalisme pegawai PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang dalam pelayanan publik, antara lain: a) Peningkatkan Kualitas Pegawai, b) Peningkatan kedisplinan pegawai, c) Peningkatan sarana, dan prasarana pelayanan yang mendukung, 2) Kendala-kendala yang dihadapi oleh PT. PLN kota Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.meliputi, a) Kendala Internal terdiri dari; 1) Keterbatasan Sumber Daya Manusia, 2) Keterbatasan Anggaran, b) Kendala Eksternal terdiri dari ; 1) Semakin Besar/meningkatnya harapan-harapan masyarakat, 2) Kondisi alam/lingkungan, 3) Masih banyak kasus pencurian listrik. Lokasi dalam penelitian ini adalah PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang metode pengumpulan data adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknis analisis data menggunakan metode analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclution drawing atau verification. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: upaya yang dilakukan oleh PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang dalam pemberian pelayanan listrik kepada masyarakat dapat berjalan cukup efektif, akan tetapi kurang maksimal karena tingkat profesionalitas dan kedisiplinan pegawai yang masih kurang masksimal, hal ini untuk meningkatkan kualitas serta kedisiplinan pegawai, dan juga pola kerjasama yang buruk dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/283/ 051102831
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Jul 2011 10:41
Last Modified: 25 Jul 2011 10:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114901
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item