Pengaruh Pelayanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli Mobil Merek Daihatsu di PT. Astra International, Tbk – Daihatsu Malang),

Fatmawati, MarthaWahyuningtyas (2011) Pengaruh Pelayanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli Mobil Merek Daihatsu di PT. Astra International, Tbk – Daihatsu Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Pelayanan Purna Jual yang terdiri dari Garansi (X 1 ), Reparasi (X 2 ), Suku Cadang (X 3 ) dan Penghantaran Barang (X 4 ) secara simultan, parsial dan dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 orang responden yang merupakan pembeli mobil merek Daihatsu di PT. Astra International, Tbk – Daihatsu Malang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan analisis regresi parsial. Analisis uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Garansi (X 1 ), Reparasi (X 2 ), Suku Cadang (X 3 ) dan Penghantaran Barang (X 4 ) secara simultan atau bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dari Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai F hitung sebesar 21,954 dengan signifikansi 0,000 (< α 0,05) dan nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,531. Hal ini berarti bahwa kemampuan variabel-variabel Pelayanan Purna Jual secara simultan memberikan kontribusi atau sumbangan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 53,1%, sedangkan sisanya sebesar 46,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel Reparasi (X 2 ) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Y) yang ditunjukkan dengan koefisien regresi (b) terbesar yaitu 0,469 dengan nilai t hitung 2,239 dan signifikansi 0,028 (< α 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini antara lain: 1) Secara simultan variabel dari pelayanan purna jual yang terdiri dari Garansi (X 1 ), Reparasi (X 2 ), Suku Cadang (X 3 ) dan Penghantaran Barang (X 4 ) memiliki pengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y), 2) Secara parsial masing-masing dari variabel pelayanan purna jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dari Keputusan Pembelian (Y), 3) Variabel Reparasi (X 2 ) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap variabel dari Keputusan Pembelian (Y). Oleh karena itu diharapkan bagi PT. Astra International, Tbk – Daihatsu Malang mampu memberikan best value, lebih mengembangkan pelayanan purna jual dengan menambah anak cabang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/281/ 051102829
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Jul 2011 09:11
Last Modified: 18 Jul 2011 09:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114899
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item