Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dalam Memberikan Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan),

Kamalia, Eka (2011) Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dalam Memberikan Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan Dalam Memberikan Pelayanan Publik, substansi yang diteliti meliputi : upaya yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan untuk memperbaiki kinerjanya dan faktor-faktor yang menjadi kendala dalam memberikan pelayanan publik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi, fokus penelitiannya yaitu upaya yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan untuk memperbaiki kinerjanya dalam memberikan pelayanan publik dilihat dari aspek sumber daya manusia, sumber daya keuangan, sumber daya sarana dan prasarana, kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan dalam memberikan pelayanan publik, dan faktor-faktor yang menjadi kendala dalam memberikan pelayanan publik, baik itu kendala internal maupun kendala eksternal. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kota Tarakan Propinsi Kalimantan Timur. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan untuk memperbaiki kinerjanya dalam memberikan pelayanan publik dari aspek sumber daya manusia yaitu meminta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk setiap ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diberikan sesuai dengan yang di inginkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan. Upaya lain yang dilakukan untuk memperbaiki kinerjanya dalam memberikan pelayanan publik yaitu dengan menggunakan pegawai Outsourcing seperti yang telah dilakukan oleh Dinas sekarang ini. Upaya yang dilakukan dari aspek sumber daya keuangan yaitu dengan memilih secara selektif mana pekerjaan yang benar-benar harus dilaksanakan, sedangkan dari aspek sumber daya sarana dan prasarana yaitu seperti membawa laptop pribadi ke kantor untuk menyelesaikan tugas-tugasnya, upaya lain yang juga pernah dilakukan yaitu meminjam komputer dari Instansi lain untuk menanggulangi kekurangan komputer. Secara keseluruhan kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan dapat dikatakan baik dalam memberikan pelayanan publik baik dibidang administrasi kependudukan maupun dibidang administrasi catatan sipil. Pelayanan publik yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan teleh memenuhi prinsip-prinsip dalam penyelenggaraan pelayanan publik sesuai yang terdapat dalam Keputusan MENPAN Nomor 63 tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelengaraan Pelayanan Publik. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan dapat dikatakan baik, karena telah memenuhi beberapa unsur, seperti kemudahan dalam pengurusan kepentingan, mendapatkan pelayanan yang wajar dan juga mendapatkan pelayanan yang sama tanpa pilih kasih. Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor yang menjadi kendala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan dalam memberikan pelayanan publik, yakni : a) Kendala Internal 1. Sumber Daya Manusia 2. Anggaran atau dana b) Kendala Eksternal Kurangnya kesadaran masyarakat dalam memahami betapa pentingnya legalitas kependudukan dan juga kurang dalam memahami persyaratan yang harus dipenuhi apabila ingin mengajukan permohonan baik itu administrasi kependudukan maupun administrasi catatan sipil, sehingga berkas-berkas yang diajukan tidak lengkap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/264/ 051102812
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jul 2011 09:49
Last Modified: 19 Jul 2011 09:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114881
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item