Pengembangan Kapasitas Individu dalam Meningkatkan Kinerja Birokrasi Pemerintah (Studi Pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jombang).

Wulandhari, Putri (2011) Pengembangan Kapasitas Individu dalam Meningkatkan Kinerja Birokrasi Pemerintah (Studi Pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan kapasitas individu pegawai merupakan suatu proses pembangunan yang bertujuan untuk kemajuan suatu negara. Kapasitas yang dimiliki pegawai harus dimanfaatkan sebaik mungkin demi tercapainya tujuan negara. Kapasitas individu pegawai yang dimaksudkan adalah birokrasi sebagai aparatur pemerintah. Aparatur birokrasi yang dimaksud adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kinerja PNS sebagai aparatur pemerintah selalu menjadi sorotan masyarakat, terutama dalam masalah pelayanan publik. Hal ini tentunya akan membuat citra PNS sebagai aparatur pemerintah semakin buruk karena masyarakat yang cenderung tidak puas dengan pelayanan publik oleh PNS. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jombang merupakan salah satu instansi pemerintah yang menyelenggarakan fungsi sosial, ketenagakerjaan dan transmigrasi dalam otonomi daerah yang nyata, dinamis, dan bertanggung jawab. Oleh sebab itu diperlukan adanya upaya pengembangan kapasitas individu pegawai yang dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan pegawai agar senantiasa dapat sejalan dengan perkembangan tugas pokok dalam menyelesaikan pekerjaan yang diembannya. Bertitik tolak dari hal tersebut diatas, menarik perhatian peneliti untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan, pengembangan kapasitas individu pegawai yang dilakukan sehingga nantinya mampu memberikan pengaruh yang berarti terhadap kinerja pegawai pada Disnakertrans. Fokus penelitian dibatasi pada pelaksanaan pengembangan kapasitas individu pegawai, tingkat kinerja pegawai dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kapasitas individu pegawai dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Disnakertrans Kabupaten Jombang. Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara tepat keadaan nyata tentang pengembangan kapasitas individu pegawai yang kemudian dihubungkan dengan tingkat kinerja yang dihasilkan oleh pegawai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan kapasitas individu pegawai yang telah dilakukan Disnakertrans sudah berjalan dengan baik, karena berdampak positif terhadap peningkatan kinerja pegawai, seperti pengaruh Diklat pada kemajuan pegawai dalam melaksanakan tugas. Keberhasilan dari upaya pengembangan kapasitas pegawai tidak terlepas dari peranan Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang dalam merencanakan dan menetapkan kebutuhan pegawai dalam rangka pembinaan Pegawai Negeri Sipil yang tepat sasaran. Agar penyelenggaraan pengembangan kapasitas individu pegawai khususnya di lingkup Disnakertrans Kabupaten Jombang dapat dioptimalkan lebih baik lagi, diharapkan agar masing-masing pimpinan pada unit kerja jeli dalam melihat kebutuhan para stafnya akan pengembangan kapasitas pegawai berdasarkan karakteristik dan kemampuan masing-masing pegawai berbeda antara yang satu dengan lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/255/ 051102662
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jul 2011 09:28
Last Modified: 19 Jul 2011 09:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114872
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item