Peningkatan Kualitas Sumber Daya Aparatur Badan Kepegawaian Daerah dalam Optimalisasi Pelayanan ( Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pasuruan ),

Apriliyani, DwiKartika (2011) Peningkatan Kualitas Sumber Daya Aparatur Badan Kepegawaian Daerah dalam Optimalisasi Pelayanan ( Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pasuruan ),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini melihat eksistensi dan kualitas Pemerintah Daerah dalam melayani pegawai, agar tercipta aparatur yang berkualitas, professional, berkinerja yang tinggi dan memiliki pelayanan yang optimal. Pentingnya birokrasi dalam penyelenggaraan pemerintah dan menunjang keberhasilan pembangunan telah mendorong berbagai upaya kearah langkah penyempurnaan. Birokrasi dituntut agar mampu melakukan kiat-kiat strategis dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pegawai dan pihak lain juga harus mampu meningkatkan kualitas pegawai dalam lingkungannya. Namun semua itu sulit untuk diwujudkan, karena selama ini pegawai kurang professional dan kurang berkualitas. Kondisi tersebut merupakan tantangan, sekaligus kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Daerah terutama Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pasuruan. Asumsi tersebut muncul karena belum memadainya kompetensi kualitas pendidikan dan pelatihan, promosi dan mutasi aparatur dalam rangka pencapaian kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan. Aspek yang paling ditekankan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan peningkatan kualitas sumber daya aparatur BKD Kabupaten Pasuruan dalam optimalisasi pelayanan, bagaimana optimalisasi pelayanan dari peningkatan kualitas sumber daya aparatur BKD Kabupaten Pasuruan dan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh BKD Kabupaten Pasuru an dalam meningkatkan kualitas sumber daya aparatur dalam optimalisasi pelayanan. Dengan menggunakan metode Kualitatif . Metode ini difokuskan pada 3 hal yaitu : (1) Peningkatan kualitas sumber daya aparatur BKD Kabupaten Pasuruan dalam optimalisasi pelayanan yang meliputi motivasi, pendidikan dan pelatihan, promosi dan mutasi, fasilitas kerja. (2) Optimalisasi pelayanan dari peningkatan kualitas sumber daya aparatur yang meliputi layanan tentang kepegawaian, layanan tentang administrasi, layanan tentang pendidikan dan pelatihan. (3) faktor pendukung meliputi peraturan yang mengatur kepegawaian, motivasi Pegawai dan tuntutan dari lingkungan sekitar dan faktor penghambat meliputi anggaran yang kurang memadai dan sarana dan prasarana. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder yang disajikan dalam bentuk tabel dan diuraikan dalam bentuk kalimat sesuai klasifikasi yang ada. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisa dan disimpulkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kualitas sumber daya aparatur dalam motivasi masih hanya menggunakan teguran, tetapi masih dilaksanakan disiplin pegawai agar pegawai tidak dapat bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, pendidikan dan pelatihan diberikan berdasarkan kemampuan dan criteria yang telah ditetapkan, promosi dan mutasi diberikan kepada pegawai yang memang mempunyai dedikasi dan kemampuan yang tinggi, sehingga dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi, sedangkan mutasi diberikan kepada pegawai yang belum bias bekerja di bidang tertentu, sedangkan fasilitas kerja belum mencukupi contohnya persediaan komputer yang kurang, tidak sesuai dengan kebutuhan. (2) Optimalisasi pelayanan sudah memenuhi target dan terdapat layanan kepegawaian, administrasi dan pendidikan dan pelayanan. (3) Faktor penghambat masih terdapat banyak fasilitas yang belum terpenuhi dan faktor pendukung merupakan faktor yang membuat pegawai tetap semangat bekerja. Berdasarkan dengan hasil penelitian maka dapat disarankan oleh penulis bahwa motivasi, pendidikan dan pelatihan, promosi dan mutasi, fasilitas kerja perlu ditingkatkan lagi agar peningkatan kualitas sumber daya aparatur lebih baik lagi, dan sarana dan prasarana lebih terpenuhi lagi agar dapat berjalan peningkatan sumber daya aparatur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/233/ 051102574
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Jul 2011 07:42
Last Modified: 05 Jul 2011 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114848
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item