Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Pemanfaatan Informasi Website (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang)

Febryansyah, Fariz (2011) Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Pemanfaatan Informasi Website (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan studi yang membahas tentang salah satu konsep terkini dalam dunia administrasi publik di Indonesia yaitu e-government , suatu konsep yang memanfaatkan teknologi dalam berbagai bentuk yang diciptakan untuk mempermudah kinerja pemerintah dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat agar lebih efektif dan efisien sehingga dapat mendukung terwujudnya paradigma good governance . Sedangkan salah satu bentuk e-government ini adalah pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yakni internet yang diwujudkan dalam bentuk website . E-government tergolong baru di Indonesia, terlebih lagi di daerah yang jauh dari ibukota, sehingga tentunya masih menimbulkan beberapa pertanyaan, hambatan, atau bahkan resistensi, termasuk di Kota Malang. Untuk itulah peneliti bermaksud ingin mengkaji topik ini dengan harapan dapat lebih membuka wawasan dan membawa kemanfaatan. Selanjutnya, beberapa hal yang dikaji pada penelitian ini adalah selayang pandang tentang sejauh mana kualitas pelayanan publik, khususnya pelayanan informasi publik dengan menggunakan website , sebab selama ini dalam pandangan masyarakat perlu pembenahan lagi, terlebih lagi jika dikaitkan dengan UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, kemudian juga mengkaji upaya yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan berbasis website tersebut, serta hal apa saja yang mendukung dan menghambat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik berbasis website ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/231/ 051102572
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Jul 2011 07:29
Last Modified: 05 Jul 2011 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114846
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item