Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai Mitra Kerja Kepala Desa dalam Pembuatan Peraturan Desa (studi desa Tawang Kec.Wates, Kab. Kediri),

Nurriyadini (2011) Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai Mitra Kerja Kepala Desa dalam Pembuatan Peraturan Desa (studi desa Tawang Kec.Wates, Kab. Kediri),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kebijakan pemerintah tentang otonomi daerah dan selanjutnya adanya dinamika demokrasi dalam sistem pemerintahan desa Perwakilan Desa dari sentralistis-monolitik (Lembaga Musyawarah Desa: UU No 5/1979) menjadi liberal-demokratis (Badan Perwakilan Desa : UU No 22/1999) dan akhirnya menjadi demokratis prosedural : UU No 32/2004) yang berkedudukan setara dan sebagai mitra kerja Kepala Desa yang berfungsi diantaranya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Tawang dimana BPD diibaratkan sebagai DPR-nya masyarakat desa serta untuk mengetahui peran yang dilakukan BPD dalam menerima dan menyalurkan aspirasi masyarakat sampai mempengaruhi proses pembuatan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan di desa, pembangunan dan pelayanan public mengenai tatanan masyarakat dan pemerintahan yang baik (good society and good governance). Dari hasil penelitian kinerja Badan Permusyawaratan Desa dan Kepala Desa sudah baik dan sesuai dengan tugas dan fungsinya namun masih perlu untuk ditingkatkan. Kepala Desa berperan aktif dalam mengajukan rancangan Peraturan Desa, BPD pun menanggapi dengan positif yaitu dengan memperlancar dan melakukan tugas dan kewajibannya dengan baik dalam proses penyusunan Peraturan Desa. Sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam pembuatan peraturan desa perlu ditingkatkan, agar kesadaran masyarakat tumbuh sehingga masyarakatnyapun aktif dalam menyalurkan keinginan dan aspirasi politiknya kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang memang menjadi wadah untuk menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/224/ 051102442
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jul 2011 09:47
Last Modified: 04 Jul 2011 09:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114839
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item