Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Citra (Survei Penerima Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. Unilever Indonesia Bekerjasama dengan LSM SPeKTRA dalam Bentuk Gerakan Sikat Gigi Pa

Haq, HabibiDinil (2011) Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Citra (Survei Penerima Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. Unilever Indonesia Bekerjasama dengan LSM SPeKTRA dalam Bentuk Gerakan Sikat Gigi Pa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul "Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Citra (Survei Penerima Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. Unilever Indonesia Bekerjasama dengan LSM SPeKTRA dalam Bentuk Gerakan Sikat Gigi Pagi Malam di 10 Kecamatan, Kabupaten Nganjuk)", dilatarbelakangi oleh banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan dengan berbagai strategi pemasaran. Belakangan ini karena etika bisnis juga makin diperhatikan, maka banyak pengusaha yang tidak hanya memikirkan mengenai keuntungan belaka,mereka sudah mulai berfikir mengenai keadaan social sekitar untuk menarik simpati konsumen yang nantinya dapat berdampak pada image perusahaan yang terbentuk dibenak masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh C orporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel C orporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari C ommunity Support/ Dukungan Masyarakat (X1), Diversity/ Membedakan (X2) , Employee Support/ Dukungan Karyawan (X3) , Environment/ Lingkungan (X4), Non-U.S Operations/ Tidak Hanya Beroperasi di Negara Asal (X5) , dan Product/ Produk (X6) baik secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap citra perusahaan, serta mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap citra perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research serta metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Penelitian tersebut digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara C orporate Social Responsibility (CSR) variabel bebas dengan citra perusahaan sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 200 orang penerima program CSR PT. Unilever. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 68 orang dengan rumus slovin menggunakan teknik purposive sampling (teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu). Metode pengumpulan data kuisioner. Analisi data yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis bersama-sama dan uji hipotesis parsial. Hasil teknik analisis regresi linear berganda, dapat diketahui bahwa keenam variabel bebas C ommunity Support/ Dukungan Masyarakat (X1), Diversity/ Membedakan (X2) , Employee Support/ Dukungan Karyawan (X3) , Environment/ Lingkungan (X4), Non-U.S Operations/ Tidak Hanya Beroperasi di Negara Asal (X5) , dan Product/ Produk (X6) berpengaruh secara signifikan terhadap Citra Perusahaan(Y). Hal ini ditunjukkan dengan F hitung sebesar 37,988 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05) sehingga H 0 ditolak sehingga Adjusted R Square yaitu sebesar 0,768. Pada penelitian ini diketahui bahwa secara parsial keenam variabel bebas yang meliputi C ommunity Support/ Dukungan Masyarakat (X1), Diversity/ Membedakan (X2) , Employee Support/ Dukungan Karyawan (X3) , Environment/ Lingkungan (X4), Non-U.S Operations/ Tidak Hanya Beroperasi di Negara Asal (X5) , dan Product/ Produk (X6) berpengaruh secara signifikan terhadap Citra Perusahaan(Y). hai ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas tiap-tiap variabel bebas yang mempunyai nilai t hitung di bawah 0,05 (α 5%). Variabel C ommunity Support/ Dukungan Masyarakat (X1) berpengaruh sebesar 0,226 terhadap Citra Perusahaan (Y) dengan t hitung sebesar 3,492 dan probabilitas 0,001. Variabel Diversity/ Membedakan (X2) berpengaruh sebesar 0,291 terhadap Citra Perusahaan (Y) dengan t hitung sebesar 3,885 dan probabilitas 0,000. Variabel Employee Support/ Dukungan Karyawan (X3) berpengaruh sebesar 0,187 terhadap Citra Perusahaan (Y) dengan t hitung sebesar 2,244 dan probabilitas 0,028. Variabel Environment/ Lingkungan (X4) berpengaruh sebesar 0,162 terhadap Citra Perusahaan (Y) dengan t hitung sebesar 2,423 dan probabilitas 0,018. Variabel Non-U.S Operations/ Tidak Hanya Beroperasi di Negara Asal (X5) berpengaruh sebesar 0,171 terhadap Citra Perusahaan (Y) dengan t hitung sebesar 2,895 dan probabilitas 0,005. Variabel Product/ Produk (X6) berpengaruh sebesar 0,149 terhadap Citra Perusahaan (Y) dengan t hitung sebesar 2,376 dan probabilitas 0,021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Diversity/ Membedakan(X2) pengaruh dominan terhadap variabel terikat Citra Perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/218/ 051102413
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jul 2011 11:14
Last Modified: 28 Jul 2011 11:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114833
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item