Implementasi Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) PT.Jamsostek. (Studi pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang).

Budhiarto, DimasPrihardito (2011) Implementasi Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) PT.Jamsostek. (Studi pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul implementasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dilaksanakan pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Apa saja kah kendala-kendala dalam implementasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Fokus penelitian ini adalah implementasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan kendala-kendala dalam implementasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai implementasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala-kendala dalam implementasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknis pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisa secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang dalam implementasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan dari sistem dan prosedur dilakukan dengan sistem dan prosedur yang sederhana dan mudah dipahami peserta Jamsostek. Hal ini ditandai dengan implementasi Sistem dan prosedur pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang baik itu dalam pengajuan Klaim maupun dalam pembayaran santunan sudah sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari pusat dan dilakukan secara teliti, walaupun masih dijumpai adanya kendala-kendala yang menghambat kelancaran sistem dan prosedur dalam pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Kendala-kendala yang dihadapi adalah dari segi kualitas sumber daya aktor pemberi pelayanan pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang dan partisipasi tenaga kerja dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Disamping itu, berdasarkan hasil penelitian peneliti menemukan kendala lain diluar kendala-kendala tersebut, yaitu kendala permasalahan administrasi yang menghambat kelancaran proses implementasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Dalam penelitian ini penulis menyarankan bahwa pelayanan yang diberikan PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang dalam implementasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) harus lebih baik lagi dan lebih profesional lagi dan kendala-kendala yang dihadapi harus diminimalisir agar implementasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) bisa terlaksana dengan baik tanpa ada salah satu pihak yang merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/215/ 051102410
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jun 2011 14:00
Last Modified: 22 Jun 2011 14:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114830
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item