Analisis Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Metode untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan. (Studi Kasus pada PT. Mustika Ratu, Tbk dan Anak Perusahaan),

Indhirahani, Bara (2011) Analisis Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Metode untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan. (Studi Kasus pada PT. Mustika Ratu, Tbk dan Anak Perusahaan),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemampuan perusahaan untuk dapat bersaing sangat ditentukan oleh kinerja perusahaan itu sendiri. Perusahaan mempunyai daya saing yang tinggi bila perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik. Perusahaan yang tidak mampu bersaing mempertahankan kinerjanya lambat laun akan tergusur dari lingkungan industrinya. Kelangsungan hidup perusahaan tetap terjaga bila pihak manajemen dapat mempertahankan atau memacu peningkatan kinerjanya. Laporan keuangan saja belum cukup untuk mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan, untuk itu perlu dilakukan analisis lebih lanjut terhadap laporan keuangan yaitu dengan menggunakan analisis rasio keuangan. Analisis rasio keuangan merupakan cara untuk mengetahui kinerja dari PT. Mustika Ratu, Tbk, dan Anak Perusahaan yang berguna untuk memberikan gambaran tentang kondisi perusahaan serta untuk mengetahui perkembangan perusahaan baik masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja operasional dan kondisi keuangan perusahaan bila ditinjau dari rasio keuangan, sehingga dapat diketahui permasalahan yang ada dalam perusahaan dan dapat diberikan solusi dalam pemecahan masalah berdasarkan teori yang ada. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuntitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini dilakukan di Pojok Bursa Efek Indonesia (BEI) Fakultas Ekonomi Brawijaya. Hasil penelitian analisis rasio keuangan yang dilakukan pada PT. Mustika Ratu, Tbk dan Anak Perusahaan periode 2007-2009 menunjukkan bahwa tingkat likuiditas perusahaan dalam keadaan over likuid karena adanya kelebihan aktiva lancar, tingkat leverage dalam keadaan solvabel karena penggunaan dana kreditur sangat kecil sehingga perusahaan dapat dengan cepat melunasi hutangnya, tingkat aktivitas dalam kondisi kurang efektif karena tingkat perputaran yang lambat serta memiliki waktu rata-rata pelunasan yang lama, dan profitabilitas perusahaan dalam keadaan kurang efektif karena penjualan sangat besar tetapi laba yang dihasilkan oleh perusahaan sangat kecil. Penilaian kesehatan perusahaan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor: Kep-100/MBU/2002 bahwa PT. Mustika Ratu, Tbk dan Anak Perusahaan dalam kondisi kurang sehat dan factor yang mempengaruhi seperti tingkat profitabilitas yang sangat rendah. Upaya peningkatan kinerja keuangan perusahaan dapat dilakukan dengan memperhatikan kebijakan hutang dan perusahaan harus lebih efisien dalam memanfaatkan penjualan menjadi laba serta penekanan pada biaya-biaya operasional agar mampu bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/205/ 051102326
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jul 2011 11:53
Last Modified: 11 Jul 2011 11:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114819
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item