Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Studi Pada Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) Di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember),

Saputra, HelmyIwananda (2011) Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Studi Pada Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) Di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan kesehatan dalam memberikan layanan tanpa melihat dari golongan mana masyarakat yang dilayani sehingga diharapkan tidak terjadi peristiwa yang fatal bahkan kematian akibat lambatnya pelayanan kesehatan. Akan tetapi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan yang semakin meningkat dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan juga semakin tinggi tidak disertai dengan manajemen pelayanan kesehatan yang baik oleh pemerintah dan jaringannya sehingga banyak masyarakat miskin yang tidak mendapatkan akses kesehatan yang layak. Banyak persoalan yang sering dihadapi oleh masyarakat ketika berhadapan dengan penyedia pelayanan kesehatan. Pemerintah memiliki kewajiban mengatur, membina dan mengawasi penyelenggaraan upaya kesehatan yang merata serta terjangkau masyarakat. Pelayanan kesehatan bagi yang kurang mampu pun dijamin oleh pemerintah untuk dapat terselenggara dengan baik berdasarkan Pasal 8 pada UU No 23/1992. Sehingga, tiada alasan untuk menolak melayani masyarakat yang kurang mampu. Dengan adanya program Jamkesmas berdasarkan ketentuan tatalaksana pelayanan kesehatan setiap peserta mempunyai hak mendapat pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas. Di Kabupaten Jember pemberian layanan kesehatan sejak lima tahun terakhir boleh dibilang cukup membantu. Akan tetapi pada sisi lain kenaikan layanan kesehatan ini memiliki beberapa kendala yakni jumlah anggaran yang dirasa kurang cukup. Keterbatasan anggaran inilah yang memungkinkan adanya pemberian pelayanan yang kurang maksimal kepada masyarakat miskin. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1).Bagaimanakah upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Sumbersari Jember? (2).Bagaimanakah pelayanan Jamkesmas di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember? Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Sumbersari Jember dan pelayanan Jamkesmas di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini terdiri dari peneliti sendiri, pedoman wawancara, dan alat-alat tulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Sumbersari Jember yaitu adanya program profesionalisme tenaga kesehatan yang berjalan sesuai etika pelayanan kesehatan yang meliputi aspek keramahan, kejujuran, kebersihan, akuntabilitas, kerahasiaan, tanggung jawab, kenyamanan, kemudahan, sehingga program Jaminan Kesehatan Masyarakat terwujud (2).Program Jamkesmas di Kabupaten Jember telah berjalan sesuai apa yang di tetapkan pemerintah ini terbukti dengan dijalankannya hal teknis terhadap pelayanan pada masyarakat miskin yaitu : kecepatan pelayanan, kompetensi dan kemampuan serta kecakapan diagnostik tenaga medis dengan ditunjang ketersediaannya alat-alat medis sesuai dengan penyakit yang terdiagnosa, akurasi penanganan, organisasi profesi yang menaungi, aspek etika yang sudah dijalankan sesuai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pada Puskesmas Sumbersari,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/201/ 051102308
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Jul 2011 08:06
Last Modified: 05 Jul 2011 08:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114815
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item