Analisis dan skenario kebijakan untuk intensifikasi dan ekstensifikasi pajak reklame : Studi Tentang Penetapan Nilai Sewa Reklame Berjalan / Kendaraan Di Kota Malang.

Riza, Faizal (2011) Analisis dan skenario kebijakan untuk intensifikasi dan ekstensifikasi pajak reklame : Studi Tentang Penetapan Nilai Sewa Reklame Berjalan / Kendaraan Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam pelaksanaan pembangunan nasional, baik pemerintah pusat maupun daerah membutuhkan pembiayaan. Dalam upaya untuk membiayai pembangunan antara lain dapat ditempuh suatu kebijaksanaan yang mewajibkan setiap orang untuk membayar pajak sesuai dengan kewajibannya. Salah satu sumber dana bagi pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di daerah adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pajak reklame adalah bagian dari pajak daerah yang merupakan sumber PAD selain retribusi daerah, perusahaan daerah atau pengelolaan kekayaan daerah lainnya. PAD merupakan salah satu sumber penerimaan keuangan negara disamping penerimaan lainnya berupa dana perimbangan, pinjaman daerah dan lain-lain penerimaan yang sah, juga sisa anggaran tahun sebelumnya dapat ditambahkan sebagai sumber pendanaan penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Keseluruhan penerimaan tersebut tercermin dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (Selanjutnya digunakan istilah APBD). Penetapan tarif kelas jalan reklame berjalan/kendaraan bersifat flat atau disama-ratakan. Besaran Nilai Sewa tidak mengacu kepada lokasi penempatan sebagai penentu kelas jalan atau domisili sebagai dasar dari pengenaan pajaknya serta tidak melihat trayek yang dilalui oleh kendaraan tersebut. Sehingga penyelenggara reklame berjalan/kendaraan dapat leluasa melintasi jalan di Malang termasuk melewati titik-titik strategis untuk promosi. Yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah penetapan Nilai Sewa Reklame berjalan yang bersifat flat mampu mengakomodasi potensi-potensi optimal dari obyek pajak, Apa saja yang harus dipertimbangkan dalam penetapan Nilai Sewa Reklame Berjalan / Kendaraan, dan Bagaimana skenario kebijakan penetapan Nilai Sewa Reklame untuk intensifikasi dan ekstensifikasi pajak reklame berjalan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun fokus dari penelitian ini adalah 1) Penetapan Nilai Sewa Reklame didalam Peraturan Walikota Malang Nomor 4 Tahun 2008 Tentang Tata Cara Penghitungan Pajak Reklame yang meliputi :a) Dasar Penetapan Nilai Sewa Reklame Kendaraan / Berjalan, b) Respon ataupun tanggapan terhadap Nilai Sewa Reklame yang bersifat flat dari kalangan perusahaan advertising / wajib pajak, c) Potensi yang dapat diproyeksikan atau digali dari obyek pajakKomponen yang dapat dijadikan pertimbangan dalam penetapan Nilai Sewa Reklame Kendaraan / Berjalan yaitu klasifikasi jalan yang dilalui kendaraan dan memuat reklame, 3) Skenario intensifikasi dan ekstensifikasi kebijakan Nilai Sewa Reklame berjalan / kendaraan Lokasi dalam penelitian ini adalah Dinas Pendapatan Kota Malang, dan Kantor Pemerintah Kota Malang metode pengumpulan data adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknis analisis data menggunakan metode analisis data yaitu data reduction , data display , dan conclution drawing atau verification . Adapun hasil dari penelitian ini adalah Penetapan Nilai Sewa Reklame sebagai Dasar Pengenaan Pajak Reklame untuk reklame berjalan/kendaraan tidak mengacu pada kelas jalan dan tarif kelas jalan tetapi menggunakan tarif khusus (flat rate), perlakuan perpajakan ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa reklame berjalan/kendaraan memiliki tingkat mobilitas yang tinggi dan nilai yang ditetapkan sebagai Nilai Sewa Reklame adalah suatu nilai tertentu yang dianggap mewakili dari tarif kelas jalan yang ada. Saran dari penelitian ini adalah, 1) Melakukan perubahan Peraturan Walikota tentang tarif kelas jalan untuk penyelenggaraan reklame berjalan/kendaraan yang mendukung optimalisasi penerimaan yaitu menetapkan tarif kelas jalan tertinggi bagi reklame berjalan/kendaraan, melakukan penyederhanaan birokrasi dalam pengurusan perizinan penyelenggaraan reklame, meningkatkan kualitas pelayanan kepada wajib pajak reklame serta melakukan sosialisasi atas perubahan tarif kelas jalan reklame berjalan/kendaraan tersebut. 2) Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang selaku Instansi pemungut pajak daerah dan Pemerintah Kota Malang, sebagai pembuat keputusan atas kebijakan Peraturan Walikota Tentang Tata Cara Penghitungan Pajak Reklame segera melakukan penyesuaian Nilai Sewa Reklame berjalan/kendaraan dengan menetapkan Nilai Sewa Reklame sesuai dengan tarif kelas jalan untuk penyelenggaraan reklame pada kendaraan umum yang memiliki jalur tetap dan menetapkan Nilai Sewa Reklame berdasarkan tarif rata-rata kelas jalan untuk kendaraan yang tingkat mobilitasnya sangat tinggi dan tidak melalui jalur tetap. 3) Dengan pertimbangan untuk upaya optimalisasi terhadap Pendapatan Asli Daerah, Pemerintah Kota Malang bisa memakai rekomendasi dari hasil analisis dan penelitian dari peneliti dalam menetapkan besarnya Nilai Sewa Reklame untuk Reklame Berjalan/Kendaraan agar dipertimbangkan jalur yang dilalui kendaraan yang menjadi media penempatan reklame, sebagai variabel yang menentukan besar kecilnya Nilai Sewa Reklame. Dengan rekomendasi membagi dua dasar pengenaan pajak, yaitu non trayek dan trayek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/186/ 051102293
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jul 2011 09:33
Last Modified: 07 May 2020 15:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114799
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item