Fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Desa. (Studi Pada Kantor Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang)

Amrulloh, AgusZuhdi (2011) Fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Desa. (Studi Pada Kantor Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rencana Pembangunan Di Indonesia secara nasional diberikan kepada Pembangunan Pedesaan. Dengan demikian upaya perencanaan pembangunan masyarakat pedesaan tidaklah lepas dari setiap program pembangunan nasional. Keikutsertaan atau partisipasi masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan sangatlah diperlukan dalam proses pembangunan terutama pembangunan pedesaan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Badan Permusyawaratan Desa (BPD), sebagai salah satu unsur penyelenggara Pemerintahan Desa terbentuk sebagai wahana pelaksanaan demokrasi di Desa demi terwujudnya tata penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik. Meskipun hanya mencakup wilayah desa, bukan hal yang mudah untuk memadukan antara pemerintah Desa dengan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di Desa Sumberpasir, yaitu berupa informasi dari anggota BPD kepada masyarakat dan sosialisasi anggota BPD melalui forum keagamaan. Maka sebagai acuan permasalahan yang diangkat oleh peneliti adalah: (1) Bagaimanakah Fungsi BPD dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, khususnya di Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang? ; (2) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi BPD dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang? Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mempermudah peneliti dalam melaksanakan penelitian, dilakukan metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan pemanfaatan data sekunder sebagai pendukung informasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa BPD desa Sumberpasir telah mampu menjadi lembaga sebagai wahana pelaksanaan demokrasi di Desa. Hal itu ditunjukkan dengan pelaksanaan pemerintahan oleh Pemerintah Desa yang telah melibatkan unsur masyarakat melalui forum komunikasi desa yang bersifat formal maupun informal sesuai dengan aspirasi yang diinginkan dari masyarakat. Sedangkan fungsi BPD desa Sumberpasir dalam mendukung tata penyelenggaraan pemerintahan Desa Sumberpasir ditunjukkan dengan dijalankannya fungsi BPD yaitu pertama pelaksanaan legislasi dengan di hasilkannya beberapa peraturan desa salah satunya tentang anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). Kedua menampung aspirasi masyarakat desa dengan mengadakan pertemuan-pertemuan yang menghadirkan masyarakat desa dengan kegiatan antara lain : pembinaan kepemudaan seperti penyuluhan HIV/ AIDS dan forum silatulrohmi seperti kegiatan tahlil rutin di masin-masing dusun yang diadakan setiap satu minggu sekali. Fungsi yang ketiga yaitu menyalurkan aspirasi masyarakat desa , dengan cara diadakannya pertemuan formal di Balai Desa dengan menghadirkan pemerintah desa, wakil anggota masyarakat dan BPD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/184/ 051102291
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jun 2011 11:17
Last Modified: 22 Jun 2011 11:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114797
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item