Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Peserta (Survai pada Peserta PT. Jamsostek Cabang Malang)

Retno, Utami (2011) Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Peserta (Survai pada Peserta PT. Jamsostek Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul ".Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Peserta (Survai pada Peserta PT. Jamsostek Cabang Malang)", dilatarbelakangi oleh pemberian klaim yang diberikan PT. Jamsostek kepada peserta yang mengalami peningkatan atau penurunan. Apabila dalam Klaim tersebut mengalami kenaikan maka terdapat kesadaran akan keselamatan peserta lebih banyak, maka program yang ditawarkan oleh PT. Jamsostek baik, namun sebaliknya apabila terdapat penurunan dalam Klaim maka kesadaran akan keselamatan dari para peserta lebih sedikit dan program yang ditawarkan oleh PT. Jamsostek tidak baik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel Customer Relationship Management (CRM) yang terdiri dari (Identifikasi, Difernsiasi, Interaksi, dan Customize ) baik secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap Loyalitas Peserta, serta mengetahui variabel mana (Identifikasi, Difernsiasi, Interaksi, dan Customize ) yang berpengaruh dominan terhadap Loyalitas Peserta. Jenis penelitian ini adalah explanatory research . Sampel berjumlah 100 orang peserta PT. Jamsostek Cabang Malang. Metode pengumpulan data kuisioner. Analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis bersama-sama dan uji hipotesis parsial. Hasil teknik analisis regresi linier berganda, dapat diketahui bahwa keempat variabel bebas yang meliputi Identifikasi (X 1 ), Diferensiasi (X 2 ), Interaksi (X 3 ), Customize (X 4 ), berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Peserta (Y). Hal ini ditunjukkan dengan F hitung sebesar 462,896 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05) sehingga H 0 ditolak dan nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,511. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi/sumbangan variabel CRM dan Loyalitas Peserta adalah sebesar 51,1% sedangkan sisanya 48,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini diketahui bahwa secara parsial keempat variabel bebas yang meliputi Identifikasi (X 1 ), Diferensiasi (X 2 ), Interaksi (X 3 ), dan Customize (X 4 ), berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Peserta (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas tiap-tiap variabel bebas yang mempunyai nilai t hitung di bawah 0,05 (α 5%). Variabel Identifikasi (X 1 ) berpengaruh sebesar 0,308 terhadap Loyalitas Peserta (Y) dengan nilai t hitung 5,900, dan probabilitas sebesar 0,000 (0,000<0,05), variabel Diferensiasi (X 2 ) berpengaruh sebesar 0,224 terhadap Loyalitas Peserta (Y) dengan nilai t hitung 4,536 dan probabilitas sebesar 0,000 (0,000<0,05), variabel Interaksi (X 3 ) berpengaruh 0,119 terhadap Loyalitas Peserta (Y) dengan nilai t hitung 2,243 dan probabilitas sebesar 0,027 (0,027<0,05), variabel Customize (X 4 ) berpengaruh 0,237 terhadap Loyalitas Peserta (Y) dengan nilai t hitung 4,872 dan probabilitas sebesar 0,000 (0,000<0,05). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Identifikasi (X 1 ) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap variabel terikat Loyalitas Peserta, sehingga perusahaan dapat mengumpulkan informasi tentang peserta dan membuat hubungan antar perusahaan dengan peserta menjadi lebih dekat dan lebih menguntungkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/180/ 051102287
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jul 2011 09:13
Last Modified: 13 Jul 2011 09:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114793
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item