Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Untuk Meningkatkan Pandapatan Asli Daerah (studi tentang koordinasi pada Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota)

Setyadi, MochamadCholdunSina (2011) Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Untuk Meningkatkan Pandapatan Asli Daerah (studi tentang koordinasi pada Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daerah harus menggali dan mengelola Pandapatan Asli Daerah sendiri. Obyek yang digali harus mempunyai potensi yang cukup besar dan mampu memberikan pendapatan yang besar pula secara rutin. Salah satunya di wilayah Pemerintah Propinsi Jawa Timur adalah Pajak Kendaraan Bermotor. Dalam mengurus pembayarannya, wajib pajak harus berhubungan dengan tiga instansi, yaitu: Dinas Pendapatan Propinsi; PT. Jasa Raharja; Kepolisian. Karena itu diperlukan penanganan yang terpadu dan terkoordinir diantara ketiga instansi tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu:1) Mendeskripsikan dan menganalisa koordinasi penanganan sektor Pajak Kendaraan Bermotor dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. 2) Mendeskripsikan dan menganalisa hambatan-hambatan dalam pelaksanaan koordinasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah di sektor Pajak Kendaraan Bermotor. Jenis penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan fokus 1) Koordinasi penanganan sektor Pajak Kendaraan Bermotor. 2) Hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor. Sumber data diperoleh dari 1) Kepala UPT Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur Malang Kota. 2) Pejabat-pejabat yang ada di Kantor UPT Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur Malang Kota dan Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota. Hasil penelitian menunjukkan, Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah adalah melakukan koordinasi dengan instansi-instansi yang terkait dengan penanganan sektor Pajak Kendaraan Bermotor dalam Kantor Bersama SAMSAT, frekuensi pelayanan kepada wajib pajak, terpenuhinya target penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, serta koordinasi dengan UPTD baik dalam maupun luar Propinsi Jawa Timur Cabang Malang, Kantor-kantor kecamatan, dan Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Malang untuk meningkatkan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor. Hambatan yang dihadapai yaitu KTP asli yang habis masa berlakunya pada saat mendaftar untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Pemecahannya adalah perlu diurus terlebih dahulu KTP yang habis masa berlakunya. Kesimpulan dari hasil penelitian, bahwa upaya untuk meningkatkan penerimaan pendapatan daerah melalui Pajak Kendaraan Bermotor adalah berkoordinasi baik dalam maupun luar Kantor Bersama SAMSAT. Kendalanya adalah jam pelayanan yang terbatas. Saran yang diberikan yaitu untuk melayani wajib pajak secara maksimal dan sebaiknya ditambah jam pelayanannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/177/ 051102284
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jul 2011 10:22
Last Modified: 04 Jul 2011 10:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114789
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item