Penanganan Pengaduan Online Melalui Website Pemerintah Kota Malang (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang),

Rukmana, GaluhShita (2011) Penanganan Pengaduan Online Melalui Website Pemerintah Kota Malang (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring gerakan reformasi publik, pelayanan publik yang baik bertujuan pada kepentingan dan kepuasan masyarakat sangat diperlukan. Dukungan dari pemerintah dalam peningkatan pelayanan publik salah satu bentuk dalam pemenuhan kepuasan masyarakat. Masyarakat sebagai pengguna dan penerima layanan dari pemerintah daerah memiliki hak untuk memberikan keluhan, partisipasi, dan pengaduaannya tentang masalah-masalah pelayanan publik yang terjadi pada Pemerintah Kota Malang serta permasalahan-permasalahan yang ada di sekitar lingkungan Kota Malang. Pengaduan masyarakat merupakan satu sumber informasi, bagi upaya-upaya pihak penyelenggara pelayanan untuk secara konsisten menjaga pelayanan yang dihasilkannya, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Penanganan pengaduan dari pemerintah Kota Malang haruslah dilaksanakan dalam menerima setiap pengaduan masyarakat. Dengan adanya globalisasi di Indonesia, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di pemerintahan pun juga berkembang. Wacana e-government sebagai bagian dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), juga diterapkan di Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Hasil penelitian dari peneliti yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pengaduan online pada website Pemerintah Kota Malang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang yaitu : www.malangkota.go.id yang terdapat Sistem Pengaduan Online, Surat Warga, SMS Government , dan Email dapat diakses oleh masyarakat melalui internet . Pelaksanaan pengaduan online oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang sebagai bagian dari penanganan pengaduan online masyarakat, dapat dikatakan berjalan dengan baik meski terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat, yang terjadi dalam pelaksanaan pengaduan online. Diharapkan dalam pelaksanaan pengaduan online dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Malang dan pegawai juga instansi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, dimana pelaksanaan pengaduan online sebagai bagian dari penanganan pengaduan masyarakat diharapkan lebih mudah, dapat diakses, cepat, tepat waktu, biaya ringan dan cara yang sederhana, menghasilkan hubungan yang baru dari hubungan antara masyarakat dan pemerintah, yang komunikasi antara dua arah dapat terlaksana. Serta dapat tercapainya transparansi, akuntabilitas, efektivitas, efisiensi, partisipasi masyarakat sehingga kinerja pelayanan dan Good Governance Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang juga dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/166/ 051102110
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 May 2011 12:59
Last Modified: 20 May 2011 12:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114778
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item