Analisis Sistemdan Prosedur Pembiayaan Mudarabah dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern(Studi kasus pada PT. Bank Syariah BRI Cabang Malang)

Handayani, RatihNurul (2011) Analisis Sistemdan Prosedur Pembiayaan Mudarabah dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern(Studi kasus pada PT. Bank Syariah BRI Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin majunya sistem perbankan serta semakin meningkatnya kesejahteraan dan kebutuhan masyarakat muslim khususnya, menyebabkan semakin besarnya kebutuhan terhadap layanan jasa perbankan yang sesuai dengan prinsip syariah. Salah satu tugas pokok bank syariah yaitu pemberian fasilitas penyediaan dana untuk memenuhi kebutuhan pihak-pihak yang memerlukan kredit (pembiayaan). Salah satu jenis pembiayaan yang diberikan adalah pembiayaan mudarabah. Akad mudarabah dalampembiayaan,diterapkan untuk pembiayaan modal kerja maupun investasi khusus. PT. Bank Syariah BRI adalah anak perusahaan dari Bank Rakyat Indonesia yang merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia. Banyaknya jumlah nasabah yang memanfaatkan pembiayaan yang diberikan oleh BRI Syariah, menuntut sistem dan prosedurp embiayaan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh jawaban atas permasalahan, yaitu untuk mengetahui prosedur pembiayaan mudarabah dalam upaya mendukung pengendalian intern pada BRI Syariah Cabang Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah Struktur Organisasi, Prosedur Pembiayaan Mudarabah, serta Unsur Pengendalian Intern pada Prosedur Pembiayaan Mudarabah pada BRI Syariah Cabang Malang. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan beberapa kelemahan dalam pelaksanaan prosedur pembiayaan mudarabah yang tidak sesuai dengan pengendalian intern. Kelemahan tersebut antara lain adalah adanya perangkapan tugas oleh fungs i Account Officer (AO) yang mempunyai tugas sebagai penganalisis dan perekomendasi pembiayaan, sebagai FundingOfficer (FO), dan sebagai fungsi Appraisal. Terdapat dualisme prosedur dalam pengajuan pembiayaan mudarabah, yang menyebabkan proses administrasi menjadi kurang tertib. Dokumen dan catatan kurang memadai karena pada saat wawancara pihak bank belum menyiapkan formulir wawancara pengajuan permohonan pembiayaan. Dari kelemahan yang ditemukan, disarankan agar BRI Syariah Cabang Malang memisahkan perangkapan fungsi dan tugas AO; menambahkan fungsi Credit Recovery sebagai fungsi penanganan kredit bermasalah; menambahkan formulir wawancara; serta akan lebih baik jika permohonan pengajuan pembiayaan, baik yang mengajukan sendiri maupun atas rekomendasi terlebih dahulu melalui Pinca dan diadministrasikan oleh petugas ADP agar proses administrasi berjalan tertib dan sesuai prosedur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/164/ 051102041
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 May 2011 11:24
Last Modified: 06 May 2011 11:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114776
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item