Pengembangan Budaya Organisasi Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik Kecamatan Batu (Suatu Studi Pada Kecamatan Batu Kota Batu).

Prastia, DodikDwi (2011) Pengembangan Budaya Organisasi Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik Kecamatan Batu (Suatu Studi Pada Kecamatan Batu Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya aktivitas penyelenggaraan pelayan public yang dilakukan oleh kecamatan batu terhadap masyarakat batu. Subtansi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah adanya upaya untuk mewujudkan aparatur pemerintahan Kecamatan yang profesional dan menguasai dibidangnya. Kesemuanya ini diproyeksikan kepada terlaksananya pelayanan publik yang baik. Dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Permasalahan yang dihadapi adalah adanya sorotan negatif oleh banyak kalangan, terutama dari masyarakat sendiri sebagai penerima jasa pelayanan. Maka diperlukan pengembangan budaya organisasi dalam peningkatan pelayanan publik. Dalam peningkatan pelayannan public terdapat faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap pelayanan public dikecamatan batu. Fokus penelitian ini adalah pelayanan publik di Kantor Kecamatan Batu, upaya yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Batu dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, faktor yang mempengaruhi Pemerintah Kecamatan Batu dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan Pemerintah Kecamatan Batu Kota Batu. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis data model reduksi data, penyajian data, verifikasi/menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelayanan publik di Kantor Kecamatan Batu kepada masyarakat sudah cukup baik. Tercapainya tujuan pelayanan publik tersebut tidak lain adalah didukung oleh kecepatan dan ketepatan pelayanan serta tingkat pendidikan pegawai yang memenuhi persyaratan dalam proses memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat. Upaya-upaya yang dilakukan Kantor Kecamatan Batu untuk meningkatkan kualitas pelayanannya adalah meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan, peningkatan tanggung jawab pegawai, peningkatan keramahan dan kesopanan pegawai, dan ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemerintah kecamatan batu dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah faktor sarana dan prasarana, kurangnya pemahaman masyarakat dan kedisiplinan pegawai. Kualitas pelayanan perlu dipertahankan dan ditingkatkan dengan memberikan atau mewujudkan pelayanan prima melalui peningkatan sarana dan prasarana penunjang didalam kegiatan pelayanan sebagai upaya menciptakan efektifitas dan efisiensi dalam pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/163/ 051101965
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 May 2011 08:48
Last Modified: 11 May 2011 08:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114775
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item