Analisis Jabatan Dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah (Studi pada Sekretariat Daerah Kota Blitar dan Badan Kepegawaian Daerah Kota Blitar)

Nurmala, Mega (2011) Analisis Jabatan Dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah (Studi pada Sekretariat Daerah Kota Blitar dan Badan Kepegawaian Daerah Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terjadinya pandangan terhadap rendahnya produktivitas pegawai negeri sipil di Kota Blitar. Pegawai Negeri Sipil selayaknya bekerja secara professional serta mempunyai kinerja yang produktiv. Tetapi yang terjadi saat ini banyak pegawai negeri sipil yang terkadang terlihat menganggur di kantor-kantor pemerintahan. Hal tersebut mungkin dikarenakan beban kerja yang terlalu ringan yang diberikan kepada mereka sehingga masih sering terlihat pegawai yang keluar atau jalan-jalan disaat jam bekerja. Dengan analisis jabatan yang dilakukan pemerintah daerah Kota Blitar diharapkan hal yang demikian tersebut tidak terjadi, bahkan dengan dilakukannya analisis jabatan diharapkan aparatur pemerintah memiliki produktivitas kinerja yang tinggi. Hasil dari hasil analisis jabatan nantinya juga dapat digunakan sebagai standar bagi semua program kepegawaian yang meliputi: Penerimaan pegawai, seleksi, latihan dan pendidikan, pemindahan dan kenaikan pangkat, penyusunan peraturan gaji, penyusunan struktur organisasi dan memperbaiki kondisi-kondisi kerja. Sehingga diperlukan analisis jabatan yang tepat dan optimal untuk dapat meningkatkan produktivitas pegawai. Bagaimana Analisis jabatan yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah Kota Blitar untuk meningkatkan produktivitas kinerja aparatur pemerintahan dilihat dari Pelaksana Analisis, Langkah – langkah dalam melakukan analisis jabatan, Metode yang digunakan dalam melakukan analisis Jabatan serta Hasil dari analisis Jabatan yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah Kota Blitar. Apa saja kendala yang dihadapi dalam melakukan Analisis Jabatan baik dari Faktor Internal maupun Faktor Eksternal.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis Jabatan yang dilakukan dapat meningkatkan produktivitas pegawai, sesuai dengan tujuan dari dilakukannya analisis jabatan. Sesuai dengan tujuan Analisis Jabatan untuk menghitung beban tugas suatu jabatan agar sama sehingga seorang pejabat itu mampu untuk mengangkat beban tugas atau melakukan tugasnya. Pelaksanaan analisis jabatan yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kota Blitar sudah sesuai dengan aturan atau pedoman yang dibuat oleh pemerintah pusat yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang pedoman Analisis Jabatan. Mulai dari Pelaksana analisis jabatan serta langkah – langkah analisis jabatan sudah sesuai dengan aturan yang ada. Kendala yang dihadapi dari faktor internal yaitu terbatasnya ilmu pengetahuan Tim analisis jabatan sehingga hasil dari penilaian Tim Analisis Jabatan kurang Optimal. Sedangkan kendala dari faktor eksternal tidak ada karena hasil dari penilaian Tim Analisis Jabatan sudah Optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/162/ 051101964
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 May 2011 09:37
Last Modified: 11 May 2011 09:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114774
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item