Pengaruh Asosiasi Merek (Brand Association) terhadap Keputusan Pembelian (Survei Konsumen Produk Sabun Pencuci Piring Merek Sunlight di Desa Tegalsari Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang.

Aji, BagusSusilo (2011) Pengaruh Asosiasi Merek (Brand Association) terhadap Keputusan Pembelian (Survei Konsumen Produk Sabun Pencuci Piring Merek Sunlight di Desa Tegalsari Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Asosiasi Merek ( Brand Association ) yang terdiri dari Kualitas Produk (X 1 ), Harga (X 2 ), Emosional (X 3 ) dan Kemudahan (X 4 ) secara simultan dan parsial terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang merupakan konsumen produk sabun pencuci piring merek Sunlight di Desa Tegalsari Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda dan analisis regresi parsial. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kualitas Produk (X 1 ), Harga (X 2 ), Emosional (X 3 ) dan Kemudahan (X 4 ) secara bersama-sama atau simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai F hitung sebesar 39,30 dengan tingkat signifikansi 0,000 (P<0,05) dan nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,607. Hal ini berarti bahwa kemampuan variabel-variabel Asosiasi Merek secara simultan memberikan kontribusi terhadap Proses Keputusan Pembelian adalah sebesar 60,7 % sedangkan sisanya sebesar 39,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa variabel Kualitas Produk (X 1 ) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y) yang ditunjukan dengan koefisien beta tertinggi yaitu 0,353 dan nilai t hitung yang paling besar yaitu 4,756 dan probabilitas terendah sebesar 0,000 (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1). Asosiasi Merek ( Brand Association ) yang terdiri dari Kualitas Produk (X 1 ), Harga (X 2 ), Emosional (X 3 ) dan Kemudahan (X 4 ) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y). 2). Variabel Kualitas Produk (X 1 ) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y). Oleh karena itu, disarankan kepada produsen produsen produk sabun pencuci piring merek Sunlight agar lebih mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas produknya. Kualitas Produk yang baik membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli produk sabun pencuci piring merek Sunlight.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/161/ 051101963
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 May 2011 15:27
Last Modified: 06 May 2011 15:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114773
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item