Analisis Rasio Keuangan dengan Du Pont System sebagai Salah Satu Alat Evaluasi Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. dan Anak Perusahaan)

GrivaniViviArisandi (2011) Analisis Rasio Keuangan dengan Du Pont System sebagai Salah Satu Alat Evaluasi Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. dan Anak Perusahaan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menganalisis laporan keuangan merupakan salah satu cara untuk menilai kondisi kinerja perusahaan selama periode tertentu. Dalam penelitian ini yang digunakan untuk menganalisis laporan keuangan adalah Du Pont System . Analisis ini bersifat menyeluruh, yang tidak hanya memfokuskan pada laba yang dicapai, tetapi juga pada investasi yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut. Du Pont System ini menggabungkan rasio aktivitas/perputaran aktiva dengan rasio laba/ profit margin dan menunjukkan bagaimana keduanya berinteraksi dalam menentukan Return on Investment (ROI), yaitu profitabilitas atas aktiva yang dimiliki perusahaan. Untuk mengetahui tingkat efisiensi dalam menggunakan modalnya, perusahaan membandingkan tingkat ROI dari tahun ke tahun. Penelitian ini ber tujuan untuk untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. dan Anak Perusahaan pada periode tahun 2006-2009 bila dianalisis menggunakan Du Pont System. Obyek penelitiannya adalah PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. dan Anak Perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan dengan pendekatan Du Pont System diketahui tingkat ROI PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. dan Anak Perusahaan adalah 4,1% tahun 2006, 3,31% tahun 2007, 2,62% tahun 2008 dan 5,14% pada tahun 2009 sehingga dapat dikatakan bahwa ROI cenderung mengalami penurunan. Kondisi ini menunjukkan perusahaan tidak efisien dalam menggunakan modalnya. Hal ini dikarenakan profit margin perusahaan yang menurun dan tingkat perputaran aktivanya belum mencapai tingkat efektif sebesar 1 kali. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan selama empat tahun terakhir yaitu 2006-2009 mengalami keadaan yang berfluktuatif. Tahun 2007 dan 2008 mengalami penurunan kinerja keuangan yang ditandai adanya penurunan rasio likuiditas dan meningkatnya rasio leverage terutama ditandai dengan penurunan ROI. Tahun 2009 mengalami peningkatan kinerja keuangan diindikasikan oleh kenaikan ROI. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan : 1) Perusahaan harus dapat mengendalikan biaya agar proporsi peningkatan penjualan lebih besar daripada proporsi peningkatan biaya, 2) manajemen perusahaan dituntut untuk melakukan efisiensi biaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/16/051100476
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Feb 2011 11:17
Last Modified: 21 Oct 2021 15:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114771
[thumbnail of 051100476.pdf]
Preview
Text
051100476.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item