Pengaruh Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan di Perguruan Tinggi (Analisis Regresi atas Pelayanan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang),

Rintyana, Nurul (2011) Pengaruh Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan di Perguruan Tinggi (Analisis Regresi atas Pelayanan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan di Perguruan Tinggi (Analisis Regresi atas Pelayanan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)”, dilatarbelakangi oleh belum adanya standar pelayanan di Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dan belum maksimalnya pelayanan di FIA UB sebagaimana yang diharapkan oleh mahasiswa sebagai user . Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengukur signifikansi pengaruh Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap kualitas pelayanan di Fakultas Ilmu Administrasi. Penelitian ini menurut jenis pendekatannya termasuk penelitian kuantitaif. Penelitian tersebut digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas Indeks Kepuasan Mahasiswa dengan kualitas pelayanan di Fakultas Ilmu Administrasi sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2258 orang mahasiswa FIA UB angkatan 2007-2009. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 orang dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling . Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda) yang digunakan untuk mengetahui tingkat penagruh, signifikansi, dan dominan dari kelima variabel yang dilteliti. Data hasil penyebaran kuesioner diolah menggunakan komputer program SPSS 16.0. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,357 artinya adalah besarnya variabel Indeks Kepuasan Mahasiswa (pelayanan KRS Online , pelayanan administratif, pelayanan beasiswa, pelayanan belajar mengaja dan pelayanan biaya administrasi) adalah sebesar 35,7% sedangkan sisanya 64,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti gaji pegawai pemberi pelayanan, Indeks Kepuasan Dosen, pelatihan kepada pemberi pelayanan, dll. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan secara parsial dan simultan (bersama-sama) antara Indeks Kepuasan Mahasiswa (pelayanan KRS Online , pelayanan administratif, pelayanan beasiswa, pelayanan belajar mengaja dan pelayanan biaya administrasi) terhadap kualitas pelayanan di Fakultas Ilmu Administrasi. Namun dari kelima variabel independen yang digunakan, hanya dua variabel yang signifikan sehingga dapat dikatakan kualitas pelayanan di Fakultas Ilmu Administrasi belum dapat dikatakan memuaskan. Padahal pelayanan di Fakultas Ilmu Administrasi telah didukung dengan sistem yang modern dan canggih ( online ) atau SIAKAD yakni terdiri dari SIAM, SIUDA, SIMPEL, SIREGI, dan Beasiswa Online. Sedangkan variabel yang berpengaruh paling besar (dominan) terhadap kualitas pelayanan di Fakultas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/158/ 051101960
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 May 2011 14:58
Last Modified: 06 May 2011 14:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114770
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item