Evaluasi Kebijakan Tentang Pendidikan dan Pelatihan Guru SMK Seni dan Budaya (Studi pada Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB) di Sleman Yogy

Antonius, DidikTriwibowo (2011) Evaluasi Kebijakan Tentang Pendidikan dan Pelatihan Guru SMK Seni dan Budaya (Studi pada Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB) di Sleman Yogy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu aset yang paling penting dan berdampak langsung pada sebuah organisasi atau instansi dibandingkan dengan dayasumber daya lainnya. Seni dan Budaya Peninggalan para leluhur kita haruslah dilestarikan dan dikembangkan dan harus didukung sumber daya manusia yang cakap karena sumber daya manusia sangat berperan dalam menjalankan usaha atau pelestarian di dalam institusi. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatan Guru SMK SB adalah dengan melalui pengembangan para guru yaitu dengan mengadakan pendidikan dan pelatihan. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan para guru dalam membina para siswa dan bagaimanakah peranan pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja para guru SMK SB . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan dan untuk mengevaluasi bagaimanakah peranan pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja para pengelola atau penyelenggara diklat di PPPPTK SB. Kemajuan atau kemunduran suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas surnber daya manusia calon penerus generasi saat ini. Pengenalan seni dan budaya pada institusi sekolah dimulai semenjak dini agar seni dan budaya tidak tergerus oleh jaman yang tahu akan budaya bangsanya sendiri, untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model Pendidikan dan Pelatihan pada Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan sebagai lembaga Diklat. Disamping itu untuk mendeskripsikan model pengembangan pendidikan para guru SMK SB dalam mempersiapkan generasi muda bangsa yang berkualitas yang dilakukan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan dan pemahaman akan seni dan budaya bagi para penerus bangsa di setiap daerah. Temuan penelitian ini akan bemanfaat bagi PPPPTK SB untuk menyusun langkah awal dan pedoman kegiatan dalam rangka mengembangkan seni dan budaya pada SMK SB di seluruh Indonesia dan mengembangkan kearifan lokal di masingmasing daerah. Disamping itu dapat pula menjadi input bagi pembuat kebijakan terutama dalam meletakkan seni dan budaya sebagai agenda yang pantas dan tepat mendapat perhatian. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pijakan dasar untuk mengembangkan kegiatan riil yang ada dalam peningkatan para siswa khususnya bagi guru dan siswa SMK SB

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/155/ 051101957
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 May 2011 15:40
Last Modified: 09 May 2011 15:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114767
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item