Responsivitas Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat Di Kabupaten Blitar (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar).

Mahardika, DhenisChristina (2011) Responsivitas Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat Di Kabupaten Blitar (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk menciptakan kinerja yang berkualitas dan mencapai produktivitas yang tinggi, diperlukan sumber daya manusia yang sehat baik jasmani maupun rohani. Karena kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang menunjang semua aktivitas kehidupan. Sangat rendahnya mutu kesehatan masyarakat bukan hanya disebabkan oleh pemikiran masyarakat yang kurang peduli terhadap masalah kesehatan, tetapi juga disebabkan oleh pemerintah yang kurang memperhatikan sektor ini. Tetapi setelah diberlakukannya otonomi daerah dengan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 dan Undang-Undang No. 33 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, maka Pemerintah Daerah dituntut untuk menyediakan pelayanan masyarakat. Dan salah satu unsur dari Good Governance adalah responsivitas, maka tuntutan masyarakat terhadap responsivitas suatu dinas kesehatan sangat besar, mengingat dinas kesehatan memiliki tugas menangani masalah kesehatan yang ada di suatu daerah. Secara teoritis, penulisan skripsi ini diperkuat dengan teori dan kajian tentang paradigma administrasi publik, pelayanan publik, pelayanan yang responsif serta pelayanan kesehatan. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mengambil lokasi penelitian di Kabupaten Blitar dengan situs Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data yang dikembangkan oleh Spradley. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar telah mempunyai tingkat responsivitas yang cukup, dilihat dari beberapa prinsip responsivitas seperti akses, pilihan, informasi, perbaikan dan keterwakilan. Beberapa upaya peningkatan responsivitas juga telah dilakukan dengan menambah sarana dan prasarana, melaksanakan beberapa program baru, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, meskipun masih mengalami beberapa hambatan, namun tidak menghalangi upaya peningkatan responsivitas. Sebaliknya lebih mengoptimalkan faktor pendukung sebagai kekuatan dan modal utama untuk mencapai keberhasilan. Oleh karena itu di dalam penelitian ini, penulis menyarankan agar Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar mampu mempertahankan prestasi serta keberhasilan yang telah diraih dan perlu meningkatkan lagi kualitas pelayanannya untuk mencapai prestasi-prestasi yang lain. Selain itu peran serta masyarakat sebagai penerima pelayanan juga harus dikedepankan, disamping kerjasama dengan pihak-pihak lain agar tercipta suatu pelayanan publik yang memberikan kepuasan bagi semua pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/150/ 051101903
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 May 2011 12:00
Last Modified: 08 Mar 2024 01:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114763
[thumbnail of DHENIS CHRISTINA MAHARDIKA.pdf] Text
DHENIS CHRISTINA MAHARDIKA.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item